Mengenal Apa Itu Tanaman Benalu

  • 02 Juni 2022 21:05:03
  • Views: 6

TEMPO.CO, Jakarta -Istilah tanaman benalu dikaitkan dengan sesuatu yang menumpang sekaligus merugikan.

Dalam dunia tanaman, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, benalu merupakan tumbuhan yang menumpang pada tanaman lain dan mengisap hara atau makanan dari tanaman yang ditumpanginya.

Mengutip laman news.uinair.com, umumnya masyarakat menganggap tanaman benalu merugikan. Ini lantaran benalu menyerang dan merusak beragam jenis tanaman, baik perkebunan, pertanian, atau pertamanan.

Benalu mengambil hara dari tanaman inang atau merebut lahan tanam sehingga tanaman utama tak mendapat hara yang cukup. Dengan begitu, tanaman utama menjadi mati atau tidak subur dan tidak produktif.

Ada dua kelompok besar benalu, yaitu dari keluarga Loranthaceae dan Viscaceae.

Mengutip Britannica, Loranthaceae, merupakan salah satu famili benalu dari ordo cendana (Santalales), memiliki kurang lebih 65 genera dan sekitar 850 spesies pohon atau semak berbunga parasit.

Sementara Viscaceae merupakan tumbuhan berbunga ordo cendana, termasuk sekitar 11 genera dan lebih dari 450 spesies perdu semiparasit. Famili ini kadang-kadang dianggap sebagai subfamili dari famili cendana.

Keberadaan benalu memang mengganggu dan merugikan. Karena itu, tak jarang masyarakat berupaya menyingkirkan benalu dari tanaman mereka. Baik menggunakan pestisida sintetis maupun alami. Tetapi sebenarnya tanaman yang dianggap sebagai parasit itu beberapa di antaranya bermanfaat untuk kesehatan.

Hal itu dibuktikan oleh Dosen Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga (UNAIR), Sucipto Hariyanto, DEA dalam penelitiannya. Sucipto menemukan bahwa beberapa jenis dari kelompok tanaman benalu memiliki manfaat sebagai tanaman obat.

Berikutnya: Sucipto melakukan penelitian terhadap benalu teh...


https://tekno.tempo.co/read/1597690/mengenal-apa-itu-tanaman-benalu

Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1597690/mengenal-apa-itu-tanaman-benalu
Tokoh



Graph

Extracted

persons Hariyanto,
companies ADA,
ministries LIPI,
institutions UNAIR, Universitas Airlangga,
topics parasit,
nations Indonesia,
places BANTEN, DKI Jakarta,
cases covid-19,