Peringati Hari Lahir Pancasila, Pegiat Seni dan Budaya Kota Kediri Gelar Kirab Kebhinekaan

  • 02 Juni 2022 20:24:00
  • Views: 14

Kediri (beritajatim.com) – Pegiat Seni dan Budaya Kelurahan Ngampel, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, punya cara tersendiri dalam memperingati Hari Lahir Pancasila. Mereka menggelar Kirab Kebhinekaan untuk membangkitkan kembali semangat kebersamaan yang dilandasi jiwa Pancasila.

google.com, pub-9591068673925608, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Lurah Ngampel, Subagya, menerangkan Kirab Kebhinekaan merupakan bentuk refleksi dan pengingat akan pentingnya menjaga keberagaman. Perbedaan tidak untuk berpisah namun akan menjadi indah jika dirawat bersama.

“Kemajemukan masyarakat kita adalah aset bangsa yang sangat berharga. Kami ingin melalui kegiatan semacam ini masyarakat dapat meningkatkan kesadaran bahwa Bhineka Tunggal Ika seperti apa yang tertera di lambang negara (Pancasila) adalah sebuah aset berharga yang harus terus kita lestarikan bersama, ungkap Subagya, Kamis (2/6/2022).

Kirab Kebhinekaan diikuti LKK, penggiat seni dan budaya, pengurus RT RW, dan masyarakat Ngampel. Unsur kebhinekaan sangat kental tidak hanya dari budaya Nusantara namun juga tradisi Tionghoa dengan kehadiran Barongsai.

width=300

Kirab dimulai sejak pukul 13.00 WIB hingga 16.00 WIB. Berangkat dari depan SDN Ngampel 1, rombongan kirab menyusuri jalan-jalan di Kelurahan Ngampel sembari menampilkan kreasinya masing-masing.

Tidak cukup pada kirab kebhinekaan semata, rangkaian peringatan hari lahir Pancasila tahun 2022 ini berlanjut di malam hari. Berlokasi di aula Kelurahan Ngampel, kegiatan dialog kebangsaan FKUB, orasi kebangsaan dan penandatanganan komitmen menuju kampung Bhineka Tungga Ika tak luput dilancarkan.

Camat Mojoroto,  Bambang Tri Lasmono, dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi kepada masyarakat Kelurahan Ngampel yang selalu harmonis dan berupaya menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

“Rasa nasionalisme dan jiwa Pancasilais kita tidak akan tumbuh dengan baik tanpa disertai dengan tindakan-tindakan kongkret yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Saya sangat mengapresiasi semangat dari warga kelurahan Ngampel ini dalam menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, ungkapnya.

width=1024

Bukan tanpa alasan Bambang mengatakan hal tersebut, pasalnya dalam kegiatan yang berhasil terselenggara berkat inisiasi dari LKK dan LPMK Kelurahan Ngampel bersama Pemerintah Kota Kediri ini melibatkan seluruh keyakinan. Meliputi Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, Konghuchu, dan penghayat kepercayaan.

“Kentalnya suasana kebhinekaan dalam kegiatan ini mengajarkan kepada kita bahwa hidup berdampingan dengan harmonis itu adalah sebuah hal yang indah. Kerukunan dan saling toleransi menjadikan bangsa kita semakin kuat, imbuh Bambang.

Lebih lanjut, kegiatan ini diikuti dengan orasi kebangsaan yang dilakukan oleh para tokoh agama dari masing-masing kepercayaan. Dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama menuju kampung Bhineka Tunggal Ika oleh Pemerintah Kota Kediri, Kepolisian, TNI, pemuka agama, pelaku kesenian, hingga masyarakat secara umum. [nm/beq]


https://beritajatim.com/peristiwa/peringati-hari-lahir-pancasila-pegiat-seni-dan-budaya-kota-kediri-gelar-kirab-kebhinekaan/

Sumber: https://beritajatim.com/peristiwa/peringati-hari-lahir-pancasila-pegiat-seni-dan-budaya-kota-kediri-gelar-kirab-kebhinekaan/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google, WhatsApp,
ministries Polisi, TNI,
religions Budha, Hindu, Islam, Konghuchu, Kristen,
events Hari Pancasila,
products Bhineka tunggal Ika, Pancasila,
places JAWA TIMUR,
cities Kediri,