Catat, Inilah 5 Sungai Terpanjang di Dunia

  • 02 Juni 2022 19:04:55
  • Views: 22

TEMPO.CO, Jakarta - Sungai merupakan contoh penampakan alam berupa aliran air di atas daratan yang besar dan memanjang. Aliran air itu mengalir secara terus menerus dari hilir ke hulu dan bermuara ke samudera, laut, dan danau. Penampakan alam ini telah menyebar di belahan bumi dengan panjang yang bervariasi. Berikut adalah lima sungai terpanjang di dunia:

1. Sungai Nil

Dilansir careerpower.in, sungai terpanjang di dunia jatuh kepada Sungai Nil dengan panjang mencapai 6.650 kilometer. Sungai ini mengalir dari Mesir, Uganda, Ethiopia, Kenya, Tanzania, Rwanda, Republik Demokratik Kongo, Eritrea, Burundi, Sudan, hingga Sudan Selatan. Tak mengherankan, sungai ini juga menjadi sungai terpanjang di benua Afrika. Sungai Nil terbentuk dari dua anak sungai, yakni Nil Biru dan Nil Putih.

2. Sungai Amazon

Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang kedua di dunia. Melansir World Atlas, panjang Sungai Amazon mencapai 6.436 kilometer. Sungai ini memanjang dari pedalaman hutan Peru yang melintasi Brazil hingga Samudera Atlantik. Aliran sungai ini membentang di beberapa negara di dunia, seperti Brazil, Kolombia, Ekuador, Venezuela dan berakhir di Samudera Atlantik.

3. Sungai Yangtze

Dikutip World Atlas, sungai terpanjang berikutnya adalah Sungai Yangtze dengan panjang 6300 kilometer. Sungai ini juga merupakan sungai terpanjang di Benua Asia dan Tiongkok. Bahkan, hampir sebagian besar aliran Sungai Yangyze mengalir di provinsi Tingkok, yaitu Anhui, Chongqing, Hunan, Hubei, Jiangsu, Jiangxi, Qinghai, Sichuan, Shanghai, Tibet, dan Yunnan. Karena itu, Sungai Yangtze memiliki peranan besar bagi kehidupan masyarakat Tiongkok, seperti menjadi sumber air dan jalur transportasi.

4. Sungai Mississippi

Mengutip Weather, Sungai Mississippi memiliki panjang hingga 6.275 kilometer. Sungai ini melewati 31 negara bagian AS dan dua provinsi di Kanada. Sumber hulu air sungai ini adalah Danau Itasca yang kemudian mengalir ke hilir di Teluk Meksiko. Nama Mississippi berasal dari bahasa asli penduduk Amerika, bermakna Bapak Air.

5. Sungai Yenisei

Dilansir a-z-animals.com, Sungai Yenisei berlokasi di Rusia dengan panjang mencapai 5.539 kilometer. Sungai ini memiliki hilir di Samudera Arktik dan hulu sungai yang berada di Sungai Selenge, Mongolia. Saat memasuki musim dingin, Sungai Yenisei akan membeku sehingga bisa dilalui kendaraan. 

NAOMY A. NUGRAHENI

Baca juga: Sungai Terpanjang di Dunia Ini Wajib Ditelusuri 


https://dunia.tempo.co/read/1597602/catat-inilah-5-sungai-terpanjang-di-dunia

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1597602/catat-inilah-5-sungai-terpanjang-di-dunia
Tokoh

Graph