Indonesia Jadi Negara Pemanfaat Satelit Terbesar di Kawasan Asia

  • 02 Juni 2022 17:11:08
  • Views: 5

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menjadi negara pemanfaat satelit terbesar di kawasan Asia. Diungkapkan oleh Menkominfo Johnny G. Plate, Indonesia menjadi negara yang memanfaatkan kapasitas satelit terbesar.

Johnny mengatakan, dengan menjadi pemanfaat satelit terbesar di kawasan Asia, Indonesia berupaya untuk mempercepat transformasi digital dan memastikan tiap orang memiliki akses ke internet, untuk mengoptimalkan peluang digital.

Tidak hanya satelit, pemerintah juga melakukan pembangunan infrastruktur digital secara merata di seluruh wilayah.

Banyak yang sudah dilakukan di Indonesia, mulai dari pembangunan jaringan tulang punggung di darat dan dasar laut, pembangunan middle mile berupa microwave link dan fiber link, kata Johnny, memberikan penjelasan.

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini ada dua satelit terbesar yakni satelit berkapasitas 300 Gbps dan pembangunan BTS yang merata, termasuk di wilayah 3T.

Kemkominfo sejauh ini menggelar pembangunan infrastruktur digital dalam tiga lapisan.

Pada lapisan backbone, Indonesia kini punya jaringan serat optik dengan panjang total 459.111 Km, termasuk 12.399 Km serat optik yang dibangun pemerintah.

Pada 2024, Kemkominfo juga akan menggelar tambahan 12.083 Km serat optik untuk mengintegrasikan jaringan nasional yang saling tidak terhubung, sekaligus jaringan internasional.

Sementara di lapisan middle mile, ada 9 satelit, microwave link, dan jaringan fiber link untuk mendukung kebutuhan telekomunikasi dan digital.

Lapisan ini juga didukung High Throughput Satellite 2x150GHz, yakni Satria 1 dan Hot Backup Satellite (HBS). Kapasitas gabungannya adalah 3.00 Gbps.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Satelit Republik Indonesia (Satria) akan digarap mulai akhir 2019. Berbeda dengan sebelumnya, Satria didesain untuk internet.


https://www.liputan6.com/tekno/read/4976007/indonesia-jadi-negara-pemanfaat-satelit-terbesar-di-kawasan-asia

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/4976007/indonesia-jadi-negara-pemanfaat-satelit-terbesar-di-kawasan-asia
Tokoh



Graph

Extracted

persons Johnny G. Plate,
companies ADA, WhatsApp,
ministries Kemenkominfo,
topics transformasi digital,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
musicclubs BTS,