PM Australia Anthony Albanese Akan Datang ke Indonesia

  • 02 Juni 2022 17:04:37
  • Views: 6

TEMPO.CO, Jakarta - Perdana Menteri Australia yang baru Anthony Albanese dijadwalkan lmelawat ke Indonesia pada 5 Juni - 7 Juni 2022. Perjalanan Albanese ini akan menjadi kunjungan bilateral pertama sejak dia dilantik sebagai perdana menteri Australia.


Albanese, didampingi menteri kabinetnya, dijadwalkan bertemu Presiden RI Joko Widodo dalam Annual Leaders' Meeting pada Senin, 6 Juni 2022. Direktur Asia Timur Santo Darmosumarto mengatakan, dalam pertemuan tersebut kedua pemimpin akan fokus pada upaya penguatan kemitraan ekonomi kedua negara, terutama terkait pemulihan pasca-pandemi.


Menurut Santo, selain ekonomi, isu lain yang berkaitan dengan permasalahan global dan regional, seperti AUKUS, pertahanan, dan keamanan, juga akan dibahas kedua pemimpin, termasuk kerja sama di forum G20.


Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong juga dijadwalkan akan rapat pada Minggu, 5 Juni 2022 untuk mengatur pertemuan Annual Leaders' Meeting setelah sebelumnya keduanya bercakap melalui telepon.


Albanese adalah Ketua Partai Buruh Australia yang baru saja dilantik menjadi Perdana Menteri pada 23 Mei 2022. Sudah menjadi tradisi bagi para perdana menteri terpilih Australia untuk berkunjung ke Jakarta.


Annual Leaders' Meeting terakhir kali digelar pada Februari 2020 di Canberra saat Jokowi mengunjungi Australia. Indonesia dan Australia menyetujui Kemitraan Ekonomi Komprehensif yang berlaku sejak 2020. 

Baca juga: AS Komentari Senjata Laser Zadira Rusia di Ukraina, Apa Katanya? 

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.


https://dunia.tempo.co/read/1597587/pm-australia-anthony-albanese-akan-datang-ke-indonesia

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1597587/pm-australia-anthony-albanese-akan-datang-ke-indonesia
Tokoh







Graph