Korean Link Business KB Bukopin Dukung Investasi di Indonesia

  • 02 Juni 2022 16:51:43
  • Views: 13

JawaPos.com – Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi sebesar Rp 282,4 triliun sepanjang tiga bulan pertama 2022, tumbuh 28,5% secara tahunan (year-on-year/yoy) atau 16,9% secara kuartalan (quarter-to-quarter/qtq).  Penanaman Modal Asing (PMA) mendominasi investasi langsung di Indonesia sepanjang kuartal I-2022.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyebut tingginya realisasi investasi membuktikan  bahwa kepercayaan investor terhadap Indonesia semakin kuat.

Menurutnya, penanaman modal asing (PMA) bisa memberikan dampak positif terhadap negara penerima investasi seperti masuknya modal baru untuk membantu mendanai berbagai sektor yang kekurangan dana, membuka lapangan kerja baru sehingga angka pengangguran dapat berkurang, dan meningkatkan pendapatan negara melalui pajak. Dari segi aktivitas produksi pun ada pengaruhnya juga seperti seperti transfer di bagian manajemen, produksi, dan teknologi dalam produksi.

Mencermati terus tumbuhnya investasi, sejumlah bank mulai mengembangan rancananya untuk mwndukung dunia usaha dalam melakukan ekspansi bisnis. Salah satunya,  program Korean Link Business yang dikeluarkan KB Bukopin untuk membantu perusahaan-perusahaan Korea yang beroperasi di Indonesia mengembangkan bisnis mereka.

Banyak fasilitas yang disediakan seperti produk kredit (lending), simpanan (funding), bank garansi, serta fasilitas trade finance seperti letter of credit (LC), Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN), dan standby LC. Inisiasi ini didukung oleh KB Kookmin Bank dari Korea sendiri selaku Ultimate Shareholder.

Saat ini, terdapat lebih dari 2.000 perusahaan asal Korea Selatan di Indonesia, baik skala besar maupun kecil. Dari jumlah itu, terdapat 190 perusahaan yang menjadi nasabah KB Kookmin di Korea Selatan.

Editor : Mohamad Nur Asikin


https://www.jawapos.com/ekonomi/02/06/2022/korean-link-business-kb-bukopin-dukung-investasi-di-indonesia/

Sumber: https://www.jawapos.com/ekonomi/02/06/2022/korean-link-business-kb-bukopin-dukung-investasi-di-indonesia/
Tokoh



Graph