Ma'ruf Amin Janji Warga Penghuni Huntap Relokasi Semeru Dapat Sertifikat Hak Milik

  • 02 Juni 2022 16:49:48
  • Views: 15

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan, warga penghuni hunian tetap (huntap) dan hunian sementara (Huntara) terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Candipuro, Lumajang, Jawa Timur akan mendapatkan sertifikat hak milik (SHM).

Ini akan diusahakan supaya mereka memperoleh sertifikat masing-masing dengan harapan jangan sampai nanti ada yang menjual rumahnya, ujar Ma'ruf Amin di Desa Sumbermujur, Candipuro, Lumajang, Kamis (2/6/2022).

Wapres menyebut, dari target 1.951 huntap, kini sudah terbangun seluruhnya. Namun, pembangunan hunian sementara (huntara) masih dikebut pengerjaannya.

Sehingga dalam waktu paling lambat tiga bulan itu sudah semua selesai dan seluruhnya bisa masuk di sini. Termasuk seluruh fasilitasnya sudah terpenuhi, listrik dan air juga, ujar Wapres.

Wapres mengingatkan warga terdampak letusan Gunung Semeru agar tidak menjual rumah yang telah ditempati dan tidak tergiur jika ada pihak yang menawar untuk membeli.

Jangan ya dijual. Karena tidak mustahil, begitu lihat suasana enak, bersih, kemudian ada yang datang (menawarkan) untuk dijual saja. Jangan sampai mereka nanti akan kesulitan lagi di dalam nanti menempati, ucapnya.

Dalam tinjauanya, Wapres Ma'ruf Amin sempat mengecek salah satu rumah hunian tetap dan berinteraksi dengan penghuninya.

Tadi saya masuk, saya juga betah kalau tinggal di sini. Ini jadi kampung yang indah, tertata dengan baik. Dirawat, ditempati, jangan sampai kotor, sudah enak, enggak boleh dijual, ujar Wapres.

Warga korban erupsi Gunung Semeru yang kehilangan tempat tinggal menurut rencana akan direlokasi. Saat ini rencana tersebut masih dalam pembahasan pemerintah setempat, dan sementara menunggu relokasi, BNPB akan memberikan bantuan uang sewa rumah sela...


https://www.liputan6.com/news/read/4976760/maruf-amin-janji-warga-penghuni-huntap-relokasi-semeru-dapat-sertifikat-hak-milik

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4976760/maruf-amin-janji-warga-penghuni-huntap-relokasi-semeru-dapat-sertifikat-hak-milik
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ma'ruf Amin,
companies ADA,
ministries BNPB, MA,
topics Listrik,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Gunung, Lumajang,