Tegaskan Tak Ada Campur Tangan Istana di KIB, Mensesneg: Urusan Parpol Bukan Urusan Pemerintah

  • 02 Juni 2022 15:49:04
  • Views: 21

Suara.com - Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengklaim pemerintah tidak mencampuri urusan partai politik, termasuk dengan pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu yang sempat disinggung ada campur tangan pihak Istana.

Jadi kalau urusan partai politik adalah urusan partai politik, pemerintah tidak ikut campur, kata Pratikno di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Ia menegaskan apapun persoalan menyangkut partai politik, bukan menjadi ranah pemerintah untuk turut andil.

Jadi apakah itu ada pertemuan antarpimpinan partai atau koalisi sama sekali bukan urusan pemerintah dan pemerintah nggak ikut campur. Kan memang harus begitu, kata Pratikno.

Baca Juga: Bahas Sosok Capres, Koalisi Golkar, PAN Dan PPP Akan Gelar Pertemuan Di Kawasan GBK Akhir Pekan Ini

Sementara itu sebelumnya Partai Golkar menegaskan bahwa pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu bukan merupakan arahan Istana. Penegasan itu untuk menjawab adanya pertanyaan perihal tersebut.

Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono mengatakan jika ada yang menyebut atau menganggap pembentukan KIB adalah arahan Istana maka hal tersebut hanya sebatas pandangan pribadi.

Enggak, ini masih sangat awal, sangat dini. Jadi kalau dibilang arahan Istana segala macam itu, lebih kepada pandangan pribadi, ujar Dave di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Lebih lanjut, Dave mengatakan bahwa pembentukan KIB merupaka hasil kesepakatan tiga partai politik yang terdiri dari Golkar, PAN dan PPP. Sehingga ia menegaskan kembali tidak ada campur tangan dari Istana.

Akan tetapi ini memang satu kesepakatan dari tiga partai politik nasional ini demi kemaslahatan bangsa, kata Dave.

Baca Juga: Koalisi Indonesia Bersatu Akan Pilih Capres Dari Stok Yang Ada, PAN: Nggak Mungkin Figur Tak Dikenal


https://www.suara.com/news/2022/06/02/151928/tegaskan-tak-ada-campur-tangan-istana-di-kib-mensesneg-urusan-parpol-bukan-urusan-pemerintah

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/02/151928/tegaskan-tak-ada-campur-tangan-istana-di-kib-mensesneg-urusan-parpol-bukan-urusan-pemerintah
Tokoh





Graph

Extracted

persons Dave Laksono, Pratikno,
companies ADA,
parties Golkar, PAN, PPP,
fasums GBK, Kompleks Parlemen Senayan,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Senayan,