PPNI: Mahasiswi yang Viral Baru Pertama Pasang Kateter, jadi Lupa Etika

  • 02 Juni 2022 14:55:06
  • Views: 14

Yogyakarta -

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) DIY prihatin terkait mahasiswi profesi ners Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta yang viral mengunggah pengalaman memasang kateter ke pasien pria.

Kami dari organisasi profesi pada prinsipnya berprihatin dengan adanya kondisi seperti itu padahal kita selalu mengingatkan karena memang ranah kita dalam hal ini terkait dengan etik, kata Ketua PPNI DIY Tri Prabowo saat dihubungi wartawan, seperti dilansir detikJateng, Kamis (2/6/2022).

Adapun konten yang diunggah oleh mahasiswi di akun TikTok hingga akhirnya viral itu, menurut Tri, sudah melanggar kode etik profesi. Menurut Tri, seorang nakes tidak boleh membeberkan rahasia pasien.

Kalau kontennya iya (melanggar). Karena sebetulnya di dalam kode etik disampaikan bahwa intinya ketika kita memberikan pelayanan itu ada rahasia yang tidak perlu diungkapkan. Rahasia pasien itu kan tidak boleh diungkapkan, tegasnya.

Pemasangan kateter, lanjut Tri, pada dasarnya bisa dilakukan oleh nakes pria maupun wanita. Namun, dalam kasus ini ia menduga mahasiswi itu baru sekali memasang kateter.

Itu menurut saya sebagai orang tua, dia baru mengalami kondisi seperti itu jadi exciting, kalau yang senior sudah biasa. Mungkin kalau menurut saya seperti itu dia baru saja, baru pertama kali, sehingga menurut dia exciting kemudian dia lupa hal-hal (etika itu), sebutnya.

Baca selengkapnya di sini

Simak video 'Curhatan Mahasiswi Pasang Kateter ke Pasien Pria Bikin PPNI Bereaksi':

[Gambas:Video 20detik]

(idh/imk)

https://news.detik.com/berita/d-6106785/ppni-mahasiswi-yang-viral-baru-pertama-pasang-kateter-jadi-lupa-etika

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6106785/ppni-mahasiswi-yang-viral-baru-pertama-pasang-kateter-jadi-lupa-etika
Tokoh



Graph

Extracted

persons Prabowo,
companies ADA, TikTok,
ministries PPNI,
institutions UNISA,
nations Indonesia,
places DI YOGYAKARTA, JAWA TENGAH,
cities Yogyakarta,