Wapres Pastikan Hunian Tetap Korban Erupsi Semeru Tahan Gempa

  • 02 Juni 2022 14:46:55
  • Views: 12

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memastikan bangunan hunian tetap (huntap) masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru tahan terhadap gempa. Saat ini, sebanyak 1.951 huntap yang berada di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, sudah selesai dibangun.

Bahkan, Wapres mendapatkan laporan dari Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Iwan Suprijanto bahwa bahan bangunan sama dengan yang digunakan saat membangun huntap terdampak tsunami Aceh.

“Alhamdulillah ya. Jadi ini menggunakan bangunan tahan gempa ya, katanya saat melakukan peninjauan di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (2/6/2022).

“Ini kemudian juga produk lokal. Ini kita dorong selain kayu, kita menggunakan UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride). Ini kita dorong infrastruktur kita selain kayu, ini awet, tahan bakar juga. Ini tahan gempa. Ini yang kita gunakan pada saat tsunami Aceh Pak, jelas Iwan.

Iwan mengatakan konsep huntap yang dibangun ini menjadi smart village. Lokasi pembangunannya sudah berdasarkan rekomendasi dari Badan Geologi, PVMBG, dan BMKG.

Baca juga: Ke Jatim, Wapres Tinjau Hunian hingga Menapak Tilas Ponpes

“Untuk hunian sudah diselesaikan, jadi 100 persen ini produk dalam negeri. Jadi yang digunakan. Jadi konsep bangunan juga tahan gempa, karena rumah di sini dekat dengan gunung berapi ada potensi gerakan tanah dan sebagainya, dengan rumah tahan gempa ini dipastikan aman, sambungnya.

Sementara saat berdialog dengan masyarakat setempat, Wapres memastikan fasilitas huntap sudah tersedia semua mulai dari listrik, air hingga sanitasi.

“Sudah berapa lama menempati? tanya Wapres.

“Sejak Lebaran, kata salah satu warga yang berdialog dengan Wapres.

“Sejak Lebaran ya, sejak Lebaran sudah masuk ya. Alhamdulillah. Gimana rasanya sudah menempati? Artinya nyaman lah tempatnya ya. Apa yang belum enak? Air sudah, listrik ada, tempat semuanya cukup ya, kata Wapres.

“Alhamdulillah ya. Jadi ini menggunakan bangunan tahan gempa ya, kata Wapres menambahkan.

Wapres pun menanyakan kepada salah satu warga bagaimana perasaan setelah menempati huntap. Dia berharap agar masyarakat betah menempatinya. “Mudah-mudahan betah ya. Enak di mana dulu apa sekarang? Enak disini ya, pungkasnya.


https://nasional.okezone.com/read/2022/06/02/337/2604281/wapres-pastikan-hunian-tetap-korban-erupsi-semeru-tahan-gempa?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/06/02/337/2604281/wapres-pastikan-hunian-tetap-korban-erupsi-semeru-tahan-gempa?page=1
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries BMKG, PVMBG,
topics Gempa, Listrik, Tsunami,
places Aceh, DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Gunung, Lumajang,