KPK Lantik Direktur Penyidikan hingga Kepala Rutan Baru

  • 02 Juni 2022 13:46:23
  • Views: 6

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melantik sembilan pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Kepala Rumah Tahanan (Karutan) baru. Para pejabat baru KPK tersebut dilantik dan diambil sumpahnya di Aula Gedung Merah Putih KPK, pada hari ini, Kamis (2/6/2022).

Adapun, para pejabat yang dilantik tersebut yakni, Asep Guntur Rahayu dari Polri menjabat sebagai Direktur Penyidikan (Dirdik); Elly Kusumastuti dari Kejaksaan RI menjabat sebagai Direktur Bidang Kordinasi dan Supervisi Wilayah IV; Haerudin dari internal KPK RI menjabat sebagai Kepala Sekretariat Dewan Pengawas (Dewas).

Kemudian, Herda Helmijaya dari internal KPK RI menjabat sebagai Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik; Kartika Handaruningrum dari Kementerian Luar Negeri RI menjabat sebagai Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar Komisi dan Instansi (PJKAKI); Amir Arief dari internal KPK RI menjabat Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi.

Lantas, Muhamad Suryanto dari Kementerian Keuangan RI menjabat Kepala Pusat Perencanaan Strategis Pemberantasan Korupsi (PPSPK); Zuraida Retno Pamungkas dari Kementerian Keuangan menjabat Kepala Biro Sumber Daya Manusia.

Baca juga: KPK Panggil Koordinator Keuangan PT Nindya Karya Terkait Korupsi Proyek Jalan di Bengkalis

Selanjutnya, Yuyuk Andriati Iskak dari internal KPK RI menjabat sebagai Kepala Biro Hubungan Masyarakat; serta Achmad Fauzi dari Kementerian Hukum dan HAM menjabat sebagai Kepala Cabang Rumah Tahanan (Rutan) KPK.

Baca juga: Waspada, Beredar Modus Penipuan Penjualan Produk Publikasi KPK di Medsos

Pelantikan dilakukan langsung oleh Sekretaris Jenderal KPK, Cahya H. Harefa dan disaksikan oleh Anggota Dewan Pengawas KPK, Indriyanto Seno Adji, perwakilan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) diwakili oleh Supranawa Yusuf serta Staf Ahli Bidang Administrasi Negara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Herman.

Dalam sambutannya, Cahya berpesan kepada para pejabat yang baru dilantik untuk bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab dan semangat dalam melaksanakan tugas sesuai peraturan yang berlaku.

Saya meminta agar para pejabat yang dilantik hari ini terus melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi, guna meningkatkan kinerja dan pelayanan secara maksimal, kata Cahya di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (2/6/2022).

Cahya juga berpesan kepada para pejabat baru tersebut agar mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dengan baik dan menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Sekadar informasi, pelantikan 9 pejabat baru KPK tersebut merupakan hasil dari seleksi terbuka yang diselenggarakan KPK melalui Panitia Seleksi (Pansel), dimulai dari tahap pengumuman pada 14 Februari 2022 sampai dengan tahap akhir pada 28 April 2022.

Proses seleksi mencakup tahap administrasi, penulisan makalah/policy brief, assessment lompetensi manajerial dan sosial kultural, pemeriksaan kesehatan, pemaparan makalah dan wawancara, hingga pengumuman hasil seleksi, dan pelantikan pada hari ini.

Terima kasih dan apresiasi kepada Panitia Seleksi (Pansel) dan berbagai pihak yang telah terlibat dalam seleksi PPT Pratama ini. Sehingga terpilih kandidat-kandidat terbaik untuk mengisi posisi JTT Pratama sesuai keahliannya masing-masing, pungkas Cahya.

Baca juga: KPK Duga Lahan yang Dibeli untuk SMKN 7 Tangsel Berstatus Sengketa


https://nasional.okezone.com/read/2022/06/02/337/2604232/kpk-lantik-direktur-penyidikan-hingga-kepala-rutan-baru?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/06/02/337/2604232/kpk-lantik-direktur-penyidikan-hingga-kepala-rutan-baru?page=1
Tokoh











Graph