Taufik Gerindra Disebut akan Pindah Partai, Prasetyo: Mau Transfer ke Warna Biru

  • 02 Juni 2022 13:03:51
  • Views: 15

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menanggapi kabar rencana politikus Gerindra Mohamad Taufik bakal loncat ke NasDem. Dia menyinggung soal jas biru yang dikenakan M Taufik dan dirinya. 

Pada rapat paripurna pengambilan sumpah Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta hari ini, Prasetyo mengenakan setelan jas berwarna biru tua, kemeja putih dengan dasi merah serta peci hitam. 

Tadi ada yang bertanya, kenapa saya pakai baju biru? Ini menghargai M Taufik yang mau transfer ke warna biru, ujar dia disambut riuh para anggota dewan di ruangan tersebut pada Kamis, 2 Juni 2022.

Namun Prasetyo tidak menjelaskan apa maksud dari perkataannya itu. Dia langsung membuka rapat paripurna yang beragendakan pelantikan dua Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta yang baru, Rany Mauliani dari Fraksi Partai Gerindra dan Khoirudin dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kedua pimpinan dewan yang baru itu akan menduduki kursi Wakil Ketua DPRD DKI untuk sisa jabatan periode 2019-2024.

Rany dan Khoirudin mengucap sumpah sebagai pimpinan DPRD DKI dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD DKI di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Ketua Fraksi Gerindra Rany Mauliani menggantikan M Taufik. Selanjutnya politikus senior itu akan tetap menjadi anggota DPRD DKI.

Soal pencopotan M Taufik dari posisi pimpinan DPRD DKI itu sempat mengundang kontroversi. Namun Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI Riza Patria menyebut pergantian tersebut merupakan mekanisme biasa.

Namun Taufik mengatakan tidak tahu secara spesifik alasan pencopotan dirinya dari posisi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Dia mengetahui dirinya dicopot setelah menerima kabar dari Ketua Dewan Pimpinan Riza Patria.

“Saya tidak tau apa-apa. Kalau memang itu keputusan organisasi, saya enggak akan bantah, kata M Taufik pada 1 April 2022.

Dikabarkan Bakal Hengkang dari Gerindra

Taufik dikabarkan akan hengkang dari Gerindra dan pindah ke NasDem. Taufik mengatakan bahwa dirinya akan menentukan pilihan, dan bergeser ke partai nasionalis lainnya. Salah satunya partai yang nasionalis itu NasDem.

Usai rapat paripurna, mantan wakil Ketua DPRD DKI dua periode itu menyampaikan keinginan untuk mengundurkan diri dari DPRD. Namun M Taufik mengaku belum melakukan pembicaraan terkait rencana mengundurkan diri itu kepada Ketua DPD Gerindra DKI sekaligus Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria. Belum, baru pikir-pikir saja, ucapnya.

Baca juga: Hadiri Pelantikan Penggantinya, Taufik Gerindra: Enggak Ada yang Istimewa


https://metro.tempo.co/read/1597491/taufik-gerindra-disebut-akan-pindah-partai-prasetyo-mau-transfer-ke-warna-biru

Sumber: https://metro.tempo.co/read/1597491/taufik-gerindra-disebut-akan-pindah-partai-prasetyo-mau-transfer-ke-warna-biru
Tokoh





Graph

Extracted

persons A Riza Patria, Muhammad Taufik,
companies ADA,
ministries DPD, DPRD, Fraksi Gerindra,
parties Gerindra, Nasdem, PKS,
places DKI Jakarta,
musicclubs APRIL,