Malaysia Setop Ekspor Ayam, Singapura Panik

  • 02 Juni 2022 12:59:49
  • Views: 16

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Malaysia menegaskan untuk menghentikan ekspor ayam hidup maupun produk olahannya mulai 1 Juni 2022. Larangan ekspor ini mencakup unggas hidup, daging dingin dan beku, bagian ayam dan produk berbasis ayam.

Kementerian Pertanian dan Industri Makanan Malaysia mengatakan dalam sebuah pernyataan Rabu malam. Nugget ayam, roti, dan sosis juga akan dilarang, tulis Pemerintah Malaysia dikutip Bloomberg, Kamis (2/6).

Langkah Malaysia ini merupakan pukulan besar bagi Singapura, yang mengimpor sekitar sepertiga pasokannya dari tetangganya. Larangan itu membuat toko-toko di Singapura yang menjual produk ayam tidak bisa bergerak.

Alhasil, konsumen di Singapura khawatir apakah mereka masih bisa menikmati nasi ayam, yang merupakan salah satu makanan paling populer di Singapura.

Padahal, media Singapura termasuk Business Times dan CNA melaporkan sebelumnya bahwa pengiriman beberapa ayam dan produk turunannya masih akan diizinkan, mengutip juru bicara Aqina Farm, yang menjual ayam kampung dan ayam broiler biasa.

Perusahaan mengatakan, telah mengkonfirmasi ini melalui pertemuan virtual dengan otoritas terkait di Malaysia, menurut media lokal.

Situasi itu berubah Selasa malam dengan Business Times melaporkan bahwa produk-produk itu tidak akan diizinkan masuk, mengutip Aqina Farm.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Mendekati bulan puasa, tak hanya harga daging sapi dan daging ayam, lonjakan harga juga terjadi pada sayur mayur dan gula pasir. Daya beli masyarakat menurun, omset para pedagang pun turut anjlok.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4976405/malaysia-setop-ekspor-ayam-singapura-panik

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4976405/malaysia-setop-ekspor-ayam-singapura-panik
Tokoh

Graph

Extracted

companies Bloomberg, WhatsApp,
topics ekspor,
products daging, nasi,
nations Malaysia, Singapura,
places DKI Jakarta,
animals Ayam, Sapi,