Rencana Jerman Kirim Senjata ke Ukraina Masih Menggantung

  • 02 Juni 2022 12:03:45
  • Views: 12

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Pertahanan Jerman pada Rabu, 1 Juni 2022, mengkonfimasi belum bisa memberikan detail apa yang sudah dijanjikan Kanselir Jerman Olaf Scholz ke Ukraina, yakni mensuplai sebuah sistem pertahanan udara atau yang disebut IRIS-T. Alasannya, militer Jerman saat ini tidak punya stok senjata tersebut. 

 

IRIS-T adalah senjata yang bisa dalam bentuk sebuah rudal jarak pendek air-to-air atau ground-based jarak pendek. Bisa pula sistem udara jarak menengah. 

 

Medium Extended Air Defense System (MEADS), sebuah sistem pertahanan udara berbasis rudal yang dikembangkan oleh Amerika, Jerman dan Itali. Sistem ini tergolong ke dalam pertahanan udara jarak menengah, yang mengkover 360 derajat wilayah udara. Sistem ini diciptakan untuk menggantikan rudal Patriot dan Hawk. Satu unit MEADS terdiri dari beberapa unit kendaraan diantaranya radar pengontrol tembakan, pos komando, peluncur radar and rudal PAC-3. meads-amd.com

 

Saat ditanya sistem pertahanan seperti apa yang hendak dikirim ke Kiev, Juru bicara Kementerian Pertahanan Jerman David Helmbold mengatakan pertanyaan seperti ini harus ditanyakan ke industri pertahanan Jerman. Sebab Jerman saat ini sedang tidak punya sistem pertahanan -sistem pertahanan seperti tersebut. 

 

Helmbold juga menyebut dia belum bisa mengklarifikasi permasalahan ini karena Bundeswehr tidak memiliki sistem pertahanan seperti itu (IRIS-T) dalam persenjataannya. 

 

Jerman itu bukan hanya Bundeswehr, kata Helmbold, mengacu pada sejumlah kemampuan industri militernya. 

 

Ucapan Helmbold tersebut disampaikan beberapa jam setelah Kanselir Scholz mengatakan dihadapan parlemen Jerman kalau dia berencana mengirimkan lebih banyak sistem pertahanan tingkat tinggi ke Ukraina, termasuk sebuah sistem IRIS-T dan sejumlah radar counter-battery yang mampu mendeteksi tembakan artilery dan menunjukkan lokasi sistem artileri musuh yang bisa terdeteksi lewat alat tersebut.  

 

Scholz tidak menjelaskan detail apa maksud ucapan sistem air-to-air atau ground-based sistem ketika berbicara soal IRIS-T. Bundeswehr memiliki sistem senjata IRIS-T, diantaranya dalam bentuk rudal air-to-air, yang dipasang pada pesawat tempur Eurofighter dan Tornado. 

 

Sistem IRIS-T dirancang untuk menggantikan rudal jarak pendek buatan Amerika Serikat AIM-9 Sidewinder air-to-air. Sistem senjata ini sudah dikembangkan oleh sejumlah perusahaan dari berbagai negara seperti Jerman, Italia, Swedia, Yunani dan sejumlah negara lainnya. 

 

 

 


https://dunia.tempo.co/read/1597424/rencana-jerman-kirim-senjata-ke-ukraina-masih-menggantung

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1597424/rencana-jerman-kirim-senjata-ke-ukraina-masih-menggantung
Tokoh

Graph

Extracted

companies AMD,
nations Amerika Serikat, Italia, Jerman, Swedia, Ukraina, Yunani,
places DKI Jakarta,