Aktivasi Akun Belajar.id di Bali Capai 42,65 Persen

  • 02 Juni 2022 09:10:16
  • Views: 16

Liputan6.com, Jakarta - Angka aktivasi akun Belajar.id di provinsi Bali menempati urutan ke-5 secara nasional dengan persentase aktivasi 42,65 persen. Angka itu terhitung hingga 13 Mei 2022 berdasarkan data dasbor aktivasi akun Belajar.id daerah.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, Boy Jayawibawa, menyatakan bahwa sebelum kehadiran akun Belajar.id, pihaknya telah membiasakan Satuan Pendidikan SMA/SMK di wilayahnya menggelar pembelajaran berbasis TIK sejak 2018. Kala itu, mereka memakai aplikasi Jejak Bali serta beberapa Satuan Pendidikan lainnya menggunakan LMS berbasis Moodle.

Lahirnya platform Belajar.id menjadi terobosan untuk meningkatkan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, kata Boy.

Boy menyebut, para guru terdorong melakukan aktivasi akun Belajar.id karena prasyarat untuk akses portal pembelajaran dan program Kemendikbudristek. Sebut saja daftar PPGJ, Sekolah Penggerak, Guru Penggerak, Akses Raport Pendidikan, SIM PKB, dan Pelaporan BOS.

Upaya Disdik Bali untuk mempercepat aktivasi akun Belajar.id, menurut Boy, dilakukan melalui sosialisasi akun Belajar.id kepada operator Satuan Pendidikan pada Desember 2020.

Sementara itu, khusus pelatihan guru jenjang SMA/SMK/SLB se-Provinsi Bali, inisiatif itu digelar secara daring selama 3 hari dengan peserta 2.329 guru pada Januari 2021.

Dulu guru itu sampai bertumpuk-tumpuk kertas ulangan murid di mejanya sampai tidak ada tempat, sekarang semuanya paperless, kata Komang Budiadnya, guru di SMA Negeri 2 Banjar, Buleleng, Bali Utara.

 

Seorang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Rembang Jawa Tengah rela datang ke sekolah setiap hari untuk belajar secara offline. Keluarganya tidak mampu membeli kuota Internet, sehingga ia tidak bisa mengikuti kegiatan belajar-mengajar online.


https://www.liputan6.com/tekno/read/4974870/aktivasi-akun-belajarid-di-bali-capai-4265-persen

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/4974870/aktivasi-akun-belajarid-di-bali-capai-4265-persen
Tokoh



Graph

Extracted

persons Boy Jayawibawa,
companies ADA,
parties PKB,
topics BOS,
products SIM,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH, KALIMANTAN SELATAN,
cities Banjar, Rembang,