Konvoi Khilafatul Muslimin, Densus 88 Sebar Peringatan Serius untuk Masyarakat

  • 02 Juni 2022 08:41:32
  • Views: 12

POJOKSATU.id, JAKARTA – Densus 88 Antiteror Mabes Polri menyampaikan peringatan serius kepada masyarakat pasca konvoi kelompok Khilafatul Muslimin di Cawang, Jakarta Timur.


Densus 88 Antiteror mengingatkan, bahwa kelompok tersebut memiliki keterkaitan dengan sejumlah aksi terorisme dan radikalisme.

Demikian disampaikan Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (1/6/2022).

“Bagi masyarakat atau siapa pun yang bergabung dalam kelompok itu bahwa kelompok tersebut memiliki sejarah panjang keterkaitan dengan berbagai teror dan radikal, kata Aswin.


Aswin juga mengungkap, sejumlah anggota kelompok Khilafatul Muslimin ternyata pernah ditangkap Densus 88 Antiteror.

Anggota kelompok Khilafatul Muslimin itu ditangkap karena menjadi pelaku aksi terorisme di Indonesia.

BACA: MUI Temukan Selebaran Khilafatul Muslim di Cimahi Cianjur dan Sukabumi, Kenapa di Jabar ?

“Ada juga beberapa orang lain sudah pernah kita tangkap, nama-nama atau identitasnya adalah para pelaku tindak pidana terorisme di Indonesia, ujarnya.

Selain anggota, pemimpin kelompok itu, Abdul Qodir Baraja juga pernah terlibat dalam aksi terorisme di tanah air.

“Ketua atau pemimpin kelompok ini pernah terkait kasus terorisme. Jadi kita masih mendalami intensif informasi ini, kata Aswin.

Karena itu, pihaknya mewanti-wanti masyarakat agar tak mudah terpengaruh kelompok ini.

Sebab, selain anggotanya terlibat aksi-aksi terorisme, Khilafatul Muslimin juga mempunyai sejarah panjang keterlibatan langsung dengan jaringan teroris.

BACA: Khilafatul Muslimin Berafiliasi dengan ISIS dan Pemimpin Terlibat Terorisme, Masuk ke Pasar-pasar Bekasi dan Jakarta

“Masyarakat supaya tahu bahwa Khilafatul Muslimin, mereka kampanyekan atau yang mereka konvoikan itu sangat dekat dengan terorisme, ingatnya.

Saat ini, Densus 88 bahkan tengah menyelidiki konvoi Khilafatul Muslimin.

“Kami lihat nanti, apakah ini akan mengarah ke tindak pidana terorisme atau tidak, nanti berdasarkan bukti-bukti yang akan kami kumpulkan, ujarnya.

Dia berharap dengan memahami sejarah kelompok dan orang-orang yang terlibat dalam gerakan Khilafatul Muslimin, masyarakat bisa lebih waspada.

BACA: Ini Isi Buku ‘Pemerintah Islam Khilafatul Muslim’ Karya Abdul Qadir Baraja, Alamatnya di Lampung

“Kami betul-betul mengimbau kalau ada orang yang mengajak lagi seperti itu (konvoi), pikirkan masak-masak berkali-kali, tekan Aswin.

“Apabila bergabung dalam kegiatan itu, ya bisa menghadapi konsekuensi hukum, ingat Aswin Siregar. (ruh/pojoksatu)


https://pojoksatu.id/news/berita-nasional/2022/06/02/konvoi-khilafatul-muslimin-densus-88-sebar-peringatan-serius-untuk-masyarakat/

Sumber: https://pojoksatu.id/news/berita-nasional/2022/06/02/konvoi-khilafatul-muslimin-densus-88-sebar-peringatan-serius-untuk-masyarakat/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Aswin Siregar,
companies ADA,
ministries Densus 88, Mabes Polri,
organizations ISIS,
institutions MUI,
religions Islam,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, LAMPUNG,
cities Bekasi, Cawang, Cianjur, Cimahi, Sukabumi,
cases teror, Teroris,