PMK Sudah Masuk Sukabumi, Peternak Diminta Waspada

  • 02 Juni 2022 08:34:13
  • Views: 10

PIKIRAN RAKYAT - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak di sejumlah wilayah Indonesia cukup mengkhawatirkan, termasuk bagi para peternak di Sukabumi

Hal itu juga mengingat telah ditemukannya dua ekor sapi asal Salatiga Jawa Tengah yang terindikasi PMK yang merupakan milik seorang peternak di Kecamatan Cikole, Sukabumi

Menyikapi temuan itu, Wali Kota Sukabumi mengeluarkan Surat Edaran Nomor 780/2022 tentang Peningkatan Kewaspadaan dan Pencegahan terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Periklanan (DKP3) Kota Sukabumi, Andri Setiawan meminta para peternak di wilayah tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga: Fokus Kerja dan Temani Mayang Syuting, Doddy Sudrajat Mulai Lupakan Perseteruannya dengan Haji Faisal

Warga khususnya peternak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran PMK pada hewan ternaknya, seperti untuk sementara waktu tidak mendatangkan dahulu hewan ternak memamah biak dari daerah yang sedang terjangkit PMK, katanya di Sukabumi, Rabu, 1 Juni 2022.

Menurut Andi, dua sapi asal Salatiga itu diketahui terserang PMK setelah petugas DKP3 Sukabumi melakukan pemeriksaan pada Jumat, 27 Mei 2022.

Saat ini, dua sapi tersebut tengah diisolasi di kandang ternak pemiliknya demi mencegah penularan yang lebih luas. 

Andi menuturkan, pihaknya berupaya mengembalikan kesehatan dua sapi tersebut dengan memberikan vitamin dan antibiotik. Selain itu, DKP3 juga telah melakukan penyemprotan disinfektan.


https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014623484/pmk-sudah-masuk-sukabumi-peternak-diminta-waspada

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-014623484/pmk-sudah-masuk-sukabumi-peternak-diminta-waspada
Tokoh



Graph

Extracted

persons Mayang,
topics haji,
products disinfektan, vitamin,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities Biak, Salatiga, Sukabumi,
animals Sapi,