Saat Bendera Merah Putih 1.000 Meter Membentang Kelilingi Candi Borobudur

  • 02 Juni 2022 08:04:57
  • Views: 15

TEMPO.CO, Jakarta - Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Rabu, 1 Juni 2022 diperingati dengan beragam cara oleh masyarakat. Di kawasan Candi Borobudur, sejumlah relawan dari berbagai elemen masyarakat membentangkan bendera merah putih sepanjang 1.000 meter mengelilingi candi.

Ketua Panitia Bentang Bendera Merah Putih 1.000 meter di Candi Borobudur Edi Santoso mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk ekspresi cinta terhadap Tanah Air dari para pemuda desa wisata nusantara yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan membentangkan Bendera Merah Putih mengelilingi Candi Borobudur ini untuk menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang besar, negara yang cinta budaya, negara yang cinta UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), kata dia, Rabu.

Salah satu panitia kegiatan Ronald Sibarani menjelaskan kegiatan membentangkan Sang Saka Merah Putih sepanjang 1.000 meter tersebut juga menggambarkan semangat gotong-royong bangsa Indonesia. Ada kebersamaan ketika membentangkan Bendera, satu sama lain harus memperhatikan, kata dia.

Menurut Ronald, sifat kebersamaan itu menjadi pesan bahwa semangat gotong-royong akan terus dibutuhkan sebagai langkah terbaik untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Usai membentangkan bendera merah putih di Candi Borobudur, bendera tersebut kemudian dikirab menuju Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Kembanglimus yang berjarak kurang lebih tiga kilometer.

Seorang peserta kegiatan, Lili mengaku gembira bisa memperingati Hari Lahir Pancasila dengan ikut membentangkan bendera merah putih di Candi Borobudur. Saya datang ke Borobudur diajak ibu. Kebetulan baru kali ini saya berkunjung ke Candi Borobudur, kata perempuan asal Nias, Sumatera Utara itu.

Baca juga: Yang Betul Kompleks Percandian Muarajambi, Bukan Candi Muaro Jambi

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update. Klik Tempo.co Update untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram lebih dulu.


https://travel.tempo.co/read/1597381/saat-bendera-merah-putih-1-000-meter-membentang-kelilingi-candi-borobudur

Sumber: https://travel.tempo.co/read/1597381/saat-bendera-merah-putih-1-000-meter-membentang-kelilingi-candi-borobudur
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Telegram,
events Hari Pancasila,
fasums Borobudur,
products Pancasila, UMKM,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAMBI, JAWA TENGAH, Sumatera Utara,
cities Magelang,