Kerahkan Tiga Kekuatan, Bakamla RI Sebut China Ngotot Ingin Kuasai Sumber Daya Alam di Laut Natuna Utara

  • 02 Juni 2022 06:36:48
  • Views: 8

PIKIRAN RAKYAT – Sengketa konflik klaim wilayah di Laut Natuna Utara masih terus berjalan. Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia mengungkapkan kondisi terkini perkembangan Laut Natuna Utara yang kembali memancing konflik.

Potensi besar yang dimiliki Laut Natuna Utara, menjadi incaran sejumlah negara. Lokasi strategis menurut dia membuat 80 persen kapal-kapal akan melewati laut Natuna Utara di jalur perdagangan.

Selain itu, Natuna Utara juga memiliki kekayaan sumber daya alam yang tidak ternilai dengan cadangan minyak dan gas serta sumber pakan ikan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan suatu negara.

Potensi yang luar biasa dimiliki LCS membawa dampak sengketa di Laut Natuna Utara, kata Laksdya TNI Dr Aan Kurnia melalui keterangan tertulis, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Hasil Akhir Indonesia vs Bangladesh Usai Bengal Tigers Diserang Tanpa Ampun

Oleh karena itu, menurut dia China bersikukuh ingin mengklaim wilayah Laut Natuna Utara dengan mengerahkan tiga kekuatan, antara lain memberdayakan kapal-kapal nelayan di tempat paling depan yang sudah diberikan pelatihan militer, kemudian mengerahkan dua kekuatan militer lewat kapal China Coast Guard dan Navy China.

Dengan adanya sengketa itu, menurutnya menyebabkan dampak secara langsung dan tidak langsung bagi Indonesia.

Dampak secara langsung menyebabkan banyaknya kekuatan militer negara non-claimant hadir dan meningkatnya dinamika internasional terkait dengan laut Natuna Utara.

Sedangkan dampak tidak langsung ialah mengganggu kegiatan ekonomi di Natuna dan lalu lintas pelayaran yang berpotensi menciptakan krisis ekonomi dan energi.

Editor: Puji Fauziah

Sumber: Antara

Tags

Terkini


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014622253/kerahkan-tiga-kekuatan-bakamla-ri-sebut-china-ngotot-ingin-kuasai-sumber-daya-alam-di-laut-natuna-utara

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014622253/kerahkan-tiga-kekuatan-bakamla-ri-sebut-china-ngotot-ingin-kuasai-sumber-daya-alam-di-laut-natuna-utara
Tokoh



Graph

Extracted

persons Aan Kurnia,
ministries TNI,
nations Bangladesh, Indonesia, Republik Rakyat Cina,
places KEPULAUAN RIAU,