Nadiem Tugaskan Laskar Rempah Napak Tilas Sejarah Kekayaan Alam RI

  • 01 Juni 2022 21:52:09
  • Views: 9

Rabu, 1 Juni 2022 - 20:45 WIB

VIVA – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem A. Makarim, melepas rombongan Laskar Rempah beserta awak KRI Dewaruci dalam mengarungi Jalur Rempah Nusantara pada Rabu sore ini, 1 Juni 2022 di Dermaga Madura Tengah Koarmada II Surabaya, Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Nadiem mengatakan bahwa hari ini kita akan menorehkan momen bersejarah, dimana jeberangkatan KRI Dewaruci yang membawa muhibbah jalur rempah pada hari ini bertepatan dengan peringatan hari lahir Pancasila yang dirayakan setiap tanggal 1 Juni.

Jalur rempah dan Pancasila adalah tonggak penting dalam perjalanan sejarah bangsa kita. Jalur rempah yang berpusat di nusantara ini berperan penting dalam mendorong kemajuan peradaban global, kata Nadiem dalam telekonferensi, Rabu 1 Juni 2022.

Mendikbud

Nadiem menambahkan, selama lebih dari 1.000 tahun jauh sebelum kedatangan Eropa, para pelaut, para pedagang, dan cendekia dari berbagai belahan dunia, telah berinteraksi dan melahirkan keragaman budaya yang kemudian menjadi inti kekuatan bangsa Indonesia.

Dan Pancasila lahir dari bumi dengan budaya yang beraneka keragaman ini. Seperti yang dikatakan Bung Karno, Pancasila tidak diciptakan, melainkan digali dari bumi kita. Pancasila menjadi falsafah bangsa yang mempersatukan kita dalam keragaman dengan semangat kebhinekaan, ujarnya.

Dia mengatakan, semangat itulah yang terus menginspirasi Kemendikbud Ristek dalam merancang berbagai program di bidang pendidikan dan kebudayaan. Sehingga para pelajar, seniman, dan pelaku budaya, juga seluruh masyarakat Indonesia bisa terus ingat akan pentingnya memperkuat gotong-royong dan kebhinekaan global.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1480582-nadiem-tugaskan-laskar-rempah-napak-tilas-sejarah-kekayaan-alam-ri?terbaru=1

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1480582-nadiem-tugaskan-laskar-rempah-napak-tilas-sejarah-kekayaan-alam-ri?terbaru=1
Tokoh





Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, Nadiem Makarim,
ministries Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
events Hari Pancasila,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places JAWA TIMUR,
cities Madura, Surabaya,