National Cybersecurity Connect 2022 Bahas Ancaman dan Keamanan Siber Terkini

  • 01 Juni 2022 21:36:03
  • Views: 14

Merdeka.com - Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Naganaya Indonesia berkolaborasi dengan melakukan soft launching National Cybersecurity Connect (NCC) 2022. Perhelatan NCC ini akan dilaksanakan pada 26-27 Oktober.

NCC 2022 hadir dengan menawarkan solusi sekaligus wadah bagi seluruh pemangku kepentingan atau stake holdersuntuk berkumpul dan membahas perkembangan keamanan siber secara nasional.

taboola

Rafidi Iqra, Direktur Pengembangan Bisnis PT Naganaya Indonesia Internasional, menjelaskan event ini diselenggarakan dengan kolaborasi dari berbagai pihak terkait yang memiliki satu tujuan sama, yaitu kekuatan cyber security di Indonesia yang diharapkan berdampak nyata terhadap perkembangan Indonesia.

Pada tahun lalu, terdapat sekitar 1,6 miliar serangan siber secara nasional. Kejahatan siber ini diproyeksikan terus mengancam berbagai sektor bisnis atau industri pada tahun ini. Apalagi pandemi Covid-19 memaksa Indonesia mempercepat pemanfaatan teknologi digital.

“Fokus APTIKNAS terkait cyber security adalah membentuk APTIKNAS Cyber Security Chapter, wadah khusus untuk anggota pemain cyber security di Indonesia sejak 2019. Kemudian mengadakan kegiatan edukasi Cyber Security Awareness. Fokus APTIKNAS terkait cyber security di Indonesia tahun ini memastikan segera RUU Perlindungan Data Pribadi disetujui untuk kepastian hukum di Indonesia. Mendorong perlunya standarisasi perangkat hardware dan software terkait cyber security yang bisa digunakan di Indonesia, termasuk sertifikasinya, ujar Soegiharto Santoso Hoky, Ketua Umum APTIKNAS, dalam rilisnya.

Sulistyo, Direktur Strategi Keamanan BSSN, menambahkan sesuai Perpres No 28/2021, BSSN mempunyai tugas menjalankan peran pemerintahan di bidang keamanan siber dan sandi, sambil terus berusaha untuk melayani seluruh pemangku kepentingan baik di sektor pemerintah, infrastruktur vital nasional (IVN) , dan ekonomi digital.

Kami juga terus berusaha memenuhi harapan masyarakat untuk dapat menjaga stabilitas keamanan ruang siber, katanya.

BSSN melihat event National Cybersecurity Connect (NCC) 2022, dapat menjadi wadah berkumpul bagi seluruh pemangku kepentingan untuk membahas perkembangan keamanan siber secara nasional.

Dengan tema “Are We Ready to Face Post Pandemic Threats?, BSSN berharap NCC tahun ini dapat menggaungkan mengenai pentingnya kesiapsiagaan menghadapi potensi rancaman keamanan siber yang kian meningkat. Maka itu, BSSN memberikan dukungan penuh terhadap seluruh agenda dan rangkaian kegiatan NCC 2022.

NCC 2022 tidak hanya mengundang pembicara nasional, tapi juga turutpembicara global yang akan memberikan informasi, ilmu, dan pandangan terkait isu terkini bidang keamanan siber. Selain itu, acara ini dihapakan menarik perhatian perusahaan teknologi nasional dan lobal, BUMN, startup teknologi, kampus, asosiasi, dan lembaga pemerintah yang akan memamerkan teknologi terkini dan informasi terkait bidang keamanan siber.

[sya]

https://www.merdeka.com/teknologi/national-cybersecurity-connect-2022-bahas-ancaman-dan-keamanan-siber-terkini.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/teknologi/national-cybersecurity-connect-2022-bahas-ancaman-dan-keamanan-siber-terkini.html
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BSSN,
products startup,
nations Indonesia,
cases covid-19, kejahatan siber, serangan siber,