Mr D Bikin QR Art Elang Jawa di Hari Lahir Pancasila

  • 01 Juni 2022 21:15:04
  • Views: 12

TIMESINDONESIA, MALANG – Doddy Hernanto atau Mr D One Finger membuat karya QR Art berlatar belakang gambar Elang Jawa bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni.

Karya ini dipersembahkan kepada publik dalam rangka Hari Lahir Pancasila. Pancasila dilambangkan dengan burung Garuda yang membentangkan sayapnya dan menoleh ke kenan terinspirasi dari Elang Jawa. 

Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) adalah satwa langka yang saat ini dilindungi oleh undang-undang perlindungan hewan. Burung endemik pulau Jawa ini sangat indentik dengan simbol negara Republik Indonesia, yakni burung Garuda.

Elang jawa merupakan jenis burung pemakan daging atau karnivora yang memiliki bentuk sayap membulat dan menekuk sedikit ke atas saat melakukan soaring (membumbung tinggi). 

Ukuran kepalanya tidak terlalu kecil dan ekor elang jawa memiliki ukuran yang panjang.  Dikutip dari laman indonesia.go.id, Garuda merupakan hewan mitologi yang menjadi kendaraan Dewa Wisnu.

QR-Art-Elang-Jawa-2.jpg

Sosok garuda tidak asing dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Burung ini kerap ditemui di relief candi-candi. Awalnya burung Garuda Pancasila tidak berjambul. Presiden Soekarno mengusulkan untuk menambahkan.

QR Art karya Mr D ini merupakan inovasi penyempurna dari kode batang (Barcode) yang mengalami evolusi menjadi QR Code. Tampilan QR Art lebih dinamis, modern, dan bisa custom menyesuaikan selera pemesan.

Sejumlah instansi, komunitas, telah menggunakan QR Art ini. Rektor UNIGA Malang Prof Dr Dyah Sawitri adalah salah satu pengguna.

QR Art betul-betul teknologi kekinian yang bisa memberikan nilai tambah pada personal branding kita. Ini juga mendukung digitalisasi diri kita karena di dalamnya ada informasi jejak digital kita, ujar Mr D One Finger. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/411933/mr-d-bikin-qr-art-elang-jawa-di-hari-lahir-pancasila

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/411933/mr-d-bikin-qr-art-elang-jawa-di-hari-lahir-pancasila
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Google, Telegram,
bumns Garuda Indonesia,
events Hari Pancasila,
products daging, Pancasila,
nations Indonesia,
places JAWA TIMUR,
cities Batang, Malang,