Puan Maharani: Pancasila Sangat Relevan Sebagai Way Of Life

  • 01 Juni 2022 21:15:13
  • Views: 12

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan selamat hari lahir Pancasila yang diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia pada 1 Juni. Pancasila yang digagas oleh kakeknya, Bung Karno, disepakati lahir pada 1 Juni 1945.

Selamat Hari Lahir Pancasila, aset terbesar yang dimiliki bangsa Indonesia yang kita cintai, kata dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu 1 Juni 2022.

Ketua DPR RI mengungkapkan sekelumit sejarah lahirnya Pancasila. Saat itu, Soekarno berkesempatan menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara di hadapan para anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI).

Dalam pidatonya, untuk pertama kalinya konsep dan rumusan awal Pancasila dikemukakan Soekarno sebagai dasar negara merdeka. Kini, diusianya yang sudah memasuki 77 tahun, nilai-nilai dari Pancasila itu masih sangat relevan dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan.

Karena dengan kekuatan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, Pancasila selalu relevan bagi bangsa dan rakyat Indonesia dalam menghadapi tantangan dan perkembangan serta ilmu pengetahuan, kata Puan. 

Ia menambahkan, Pancasila juga relevan sebagai the way of life atau pandangan hidup dari keseluruhan kebijakan dalam bernegara sekaligus payung dan lentera penerang atas dinamika aspirasi rakyat.

Dengan nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila Pancasila itulah, bangsa dan masyarakat terproteksi dari perpecahan meski penuh keragaman. 

Karena memang, sila-sila Pancasila merupakan nilai luhur yang oleh Bung Karno digali dari dalam bumi pertiwi ini, dari tradisi-tradisi masyarakat bangsa ini, yang kemudian ditemukanlah lima butir mutiara indah, yaitu Pancasila, dasar negara Indonesia, kata Puan Maharani.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/411928/puan-maharani-pancasila-sangat-relevan-sebagai-way-of-life

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/411928/puan-maharani-pancasila-sangat-relevan-sebagai-way-of-life
Tokoh





Graph

Extracted

persons Puan Maharani, Soekarno,
companies Google, Telegram,
ministries DPR RI,
organizations BPUPKI,
events Hari Pancasila,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,