Maknai Hari Lahir Pancasila, Sri Mulyani: Tugas Luar Biasa

  • 01 Juni 2022 21:04:40
  • Views: 13

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni bukan sekadar momentum yang dirayakan dengan upacara. Lebih dari itu, bendahara negara tersebut memaknai Pancasila sebagai nilai yang harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan dalam pergaulan antar-negara.

Dengan dasar Pancasila, kita membangun Indonesia yang Berketuhanan Yang Maha Esa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, bersatu, berkerakyatan yang dipimpin dengan hikmat dalam permusyawaratan/perwakilan, dan berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, ucap Sri Mulyani dalam Instagram pribadinya, @smindrawat, Rabu, 1 Juni 2022.

Sri Mulyani membagikan foto kolase dirinya dan para menteri di Kabinet Presiden Jokowi Jilid I pada 2017 seusai mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila. Peringatan itu dilakukan di gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, dan di Kementrian Keuangan.

Menurut Sri Mulyani, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah tugas yang sangat luar biasa dan tidak mudah. Namun, tugas-tugas itu mulia untuk dilaksanakan.

Ia pun menyebut masyarakat, siapa saja dan apa pun perannya, harus memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan Pancasila. Sebab, hal-hal yang terkandung dalam Pancasila adalah tugas bersama.

Di sisi lain, Sri Mulyani juga memaknai Pancasila sebagai fondasi. Pancasila adalah fondasi dari bangunan bernama negara Indonesia, ucapnya.

Lahirnya Pancasila, kata dia, telah membawa peradaban sehingga hari ini, Indonesia masih berdiri tegap sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Meski dalam perjalanannya, begitu banyak tantangan yang dilalui, namun kita tetap bertahan dan bahkan bangkit lebih kuat. Ini adalah bukti bahwa Indonesia adalah bangsa yang ulet, kata Sri Mulyani.

Baca: Kondisi Makro 2023 Penuh Tantangan, Sri Mulyani: Harus Teliti dan Waspada

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini


https://bisnis.tempo.co/read/1597309/maknai-hari-lahir-pancasila-sri-mulyani-tugas-luar-biasa

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1597309/maknai-hari-lahir-pancasila-sri-mulyani-tugas-luar-biasa
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Sri Mulyani Indrawati,
companies Google, Instagram,
ministries Kemenkeu, Kementerian Luar Negeri, Kemlu, MPR RI,
events Hari Pancasila,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,