Upaya Menko Airlangga Buka Pasar Ekspor di WEF 2022 Dinilai Tepat

  • 01 Juni 2022 20:58:44
  • Views: 14

Menurut dia, upaya Indonesia dalam memperluas pasar ke negara-negara Eropa, seperti Belanda, Jerman dan lainnya saat ini sangatlah tepat. Negara-negara tersebut sedang terdampak soal pasokan barang akibat perang Rusia-Ukraina.

Nah, kalau Pak Airlangga membuka kesempatan agar barang-barang kita masuk, itu bagus buat rakyat, ujar Kepala Pusat Penelitian Pascasarjana Universitas Nasional tersebut.

Pada 2020, ekspor kita mencapai USD 3,11 miliar. Lumayan. Maka wajar apabila Belanda jadi negara tujuan ekspor terbesar ke-11 bagi Indonesia, ujar dia.

Menurut Robi, Belanda tidak hanya menjadi tujuan bagi perusahaan-perusahaan besar yang mengekspor minyak kelapa sawit, produk kimia, tapi juga bagi usaha rakyat menengah seperti kopra dan produk turunanya serta produk alas kaki.

Jadi, kalau Pak Menko mau memperluas pasar ekspor bagi barang-barang UKM dan koperasi ke Eropa seperti Belanda dan Jerman, itu memberi nilai tambah bagi masyarakat Indonesia umumnya. Dan kita perlu itu. Kita perlu UKM dan koperasi Go International!, ujar Robi bersemangat.

Eropa juga sedang perlu negara tujuan investasi yang aman dari terdampak perang. Indonesia adalah negara yang tepat. Jadi bagus kalau Pak Menko Airlangga juga menarik Belanda dan Jerman untuk menambah investasinya di sini, tambah Robi Nurhadi.

 


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4976193/upaya-menko-airlangga-buka-pasar-ekspor-di-wef-2022-dinilai-tepat

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4976193/upaya-menko-airlangga-buka-pasar-ekspor-di-wef-2022-dinilai-tepat
Tokoh



Graph

Extracted

persons Nurhadi,
topics ekspor,
nations Belanda, Indonesia, Jerman, Rusia, Ukraina,