Apa Itu BPIP? Ini Penjelasan dan Fungsi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

  • 01 Juni 2022 20:47:48
  • Views: 12

Suara.com - Peringatan Hari Lahir Pancasila tak bisa dipisahkan dari kontribusi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Sebenarnya, apa itu BPIP dan apa fungsinya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Sebelumnya, Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi mengatakan dalam pidatonya yang disiarkan dalam channel Youtube Sekretariat Presiden bahwa kelahiran Pancasila sebagai ideologi negara merupakan pijakan awal bagi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka. Lantas, apa itu BPIP?

Apa Itu BPIP?

Menurut situs resminya, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila adalah lembaga yang bertanggung jawab dan berada di bawah Presiden dan merupakan revitalisasi dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPIP).

Baca Juga: Mengulik Sejarah Rumah Pengasingan Soekarno di Ende, Tempat Lahir Pancasila

Berawal dari aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam berbangsa dan bernegara, pemerintah memandang perlu melakukan pembinaan ideologi Pancasila pada seluruh penyelenggara negara yang terencana, sistematis dan terpadu.

Kemudian pada 19 Mei 2017, Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila. 

Kemudian UKP-PIP disempurnakan dan organisasinya direvitalisasi dari sisi tugas juga fungsinya. Pada 28 Februari 2018, Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018 tentang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. 

Dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018, maka Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku

Dengan revitalisasi dari bentuk unit kerja menjadi bentuk badan, diharapkan BPIP akan tetap eksis walaupun pemerintahan terus berganti. 

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, BEM se-Kalbar Selenggarakan Kirab Kebangsaan

Misi BPIP adalah mewujudkan Presiden dan Wakil Presiden dengan melaksanakan tugas dan fungsi pembinaan ideologi Pancasila sehingga nilai-nilai Pancasila teraktualisasikan dalam setiap kebijakan dan peraturan perundang-undangan serta praktik kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


https://www.suara.com/news/2022/06/01/201929/apa-itu-bpip-ini-penjelasan-dan-fungsi-badan-pembinaan-ideologi-pancasila

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/01/201929/apa-itu-bpip-ini-penjelasan-dan-fungsi-badan-pembinaan-ideologi-pancasila
Tokoh







Graph

Extracted

persons joko widodo, Soekarno, Yudian Wahyudi,
companies YouTube,
ministries BPIP,
events Hari Pancasila,
products Ideologi Pancasila, Pancasila,
nations Indonesia,
places KALIMANTAN BARAT, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Ende,