Bicara soal Cuaca saat Formula E, Anies: Kering-Hujan Kita Syukuri

  • 01 Juni 2022 19:24:11
  • Views: 14

Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap ajang Formula E berjalan lancar sesuai rencana. Anies meyakini seluruh pembalap yang berlaga pada 4 Juni nanti sangat profesional, sehingga mampu menghadapi situasi apapun.

Mereka semua adalah pembalap-pembalap yang berpengalaman, dan Formula E sudah menjalani ini di berbagai tempat jadi kita Insyaallah bisa berjalan sesuai dengan rencana, kata Anies di Sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/6/2022).

Anies juga berbicara soal potensi hujan saat gelaran Formula E. Dia mengaku bakal mensyukuri segala kondisi cuaca yang terjadi pada 4 Juni mendatang.

Tapi intinya adalah bila kering kita syukuri, bila hujan kita syukuri, ucapnya.

Co-Founder Formula E Alberto Longo mengakui tak ada pembalap yang menginginkan hujan saat turnamem berlangsung. Akan tetapi, dia memandang kondisi sirkuit yang dilanda hujan ringan justru memberikan tantangan bagi pembalap.

Kalau mereka (pembalap) dengar pasti mereka ingin membunuhku karena tidak ada pembalap yang ingin balapan saat hujan. Tapi bagi penggemar motosport, hujan sedikit akan menjadi lebih atraktif, jelasnya.

Penyelenggara Pastikan Drainase Berfungsi

Sebelumnya, Penyelenggara Formula E mengatakan drainase pada trek Formula E di Ancol, Jakarta, berfungsi dengan baik. Dengan begitu, bakal mencegah terjadinya genangan air yang mengganggu balapan.

Drainase ini dirancang baik sekali dan akan membuat air meresap cepat mengalir ke bawah sehingga tidak membuat genangan dan mengganggu balapan, kalian harus bangga dengan treknya. Ini fantastis sekali karena dirancang dengan sangat baik, kata Consultant Safety and Environment (HSE) FEO Richard Bate dalam keterangannya, Selasa (31/5).

Sedangkan dari sisi keamanan penonton, Bate menjelaskan, pihaknya bakal menuntun semua orang untuk turun dari tribun. Menurutnya, langkah mitigasi yang disiapkan sama dengan MotoGP Mandalika beberapa waktu lalu.

Proses ini sama seperti di acara lain, misalnya di Mandalika. Inti tak ada bedanya. Jadi, kami sudah sangat siap sekali, ujarnya.

Event Director FEO Gemma Serra mengatakan kondisi hujan ringan tak akan mengganggu jalannya pertandingan, mengingat trek Formula E memiliki banyak saluran air.

Dari sisi pertandingan, kalau sekedar hujan biasa seperti yang terjadi belakangan ini, itu tak masalah bagi balapan, ujarnya.

(taa/dek)

https://news.detik.com/berita/d-6105695/bicara-soal-cuaca-saat-formula-e-anies-kering-hujan-kita-syukuri

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6105695/bicara-soal-cuaca-saat-formula-e-anies-kering-hujan-kita-syukuri
Tokoh





Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, Richard,
companies ADA,
topics Listrik,
events MotoGP,
places DKI Jakarta,
cities Ancol,
transportations mobil listrik,