Presiden Jokowi Kunjungi Serambi Soekarno di Ende

  • 01 Juni 2022 18:40:37
  • Views: 13

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana mengunjungi Serambi Soekarno yang terletak di Rumah Biara Santo Yosef, salah satu tempat bersejarah di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6/2022).

Dalam kunjungannya, Presiden ditemani Uskup Agung Keuskupan Agung Ende, Mgr. Vincentius Sensi Potokota, yang menceritakan sejarah dan kisah dari Serambi Soekarno.

Sejarahnya, sebagaimana tertulis dalam prasasti di tempat tersebut, di rumah biara ini Bung Karno waktu untuk membaca berbagai buku dan majalah, selama pengasingan oleh Belanda, selama lebih kurang 4 tahun. 

Selain itu, Bung Karno juga berkonsultasi tentang rencana dan jadwal pementasan pertunjukan hasil karyanya, serta kerap bertukar pikiran dan berbincang-bincang akrab dengan para biarawan, khususnya dua misionaris asal Belanda Pater Geradus Huijtink dan Pater Joannes Bouma. Keduanya diketahui menaruh simpati pada cita-cita perjuangan Bung Karno.

Sebagai teman diskusi, lalu meminjam buku pada pastor. Sampai-sampai kalau pastor berhalangan, kunci kamarnya diserahkan kepada Soekarno, ujar Vincentius saat menemani Presiden.

Vincentius juga menyebut, keakraban dan persahabatan Bung Karno dengan kedua biarawan tersebut juga tampak pada sebuah lukisan. Di mana, ketiganya digambarkan sedang berbincang sambil berjalan. 

Menurut Vincentius, kedua biarawan tersebut sangat menghormati Bung Karno, dan memanggilnya dengan sapaan Tuan Presiden. Panggilan tesebut disematkan bahkan sebelum Bung Karno menjadi Presiden Republik Indonesia.

Keduanya kalau jalan dengan Soekarno, tahun 1930-an, itu selalu menyapa Soekarno dengan 'Tuan Presiden', 'Bapak jalan sebelah kanan karena Bapak Tuan Presiden', ungkapnya.

Serambi Soekarno sendiri diresmikan pada 14 Januari 2019 lalu, bertepatan dengan momen mengenang 85 tahun Bung Karno menginjakkan kaki pertama kalinya di Ende sebagai tempat pengasingannya. 

Bung Karno Diasingkan di Ende sejak 14 Januari 1934 hingga 18 Oktober 1938.

Dari pengasingannya di Ende, lahirlah pemikiran-pemikiran Bung Karno yang kemudian menjadi dasar negara Indonesia, yakni Pancasila.


https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1476095/presiden-jokowi-kunjungi-serambi-soekarno-di-ende?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1476095/presiden-jokowi-kunjungi-serambi-soekarno-di-ende?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh







Graph

Extracted

persons Iriana joko widodo, joko widodo, Soekarno,
products Pancasila,
nations Belanda, Indonesia,
places DKI Jakarta, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Ende,