Sandiaga Sebut RI Akan Buat Wonderverse Indonesia, Apa Itu?

  • 01 Juni 2022 17:03:54
  • Views: 12

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan Kementeriannya akan menciptakan Wonderverse Indonesia. Rencana itu disampaikan dalam acara Asia Tech Singapore (ATxSG) 2022 yang digelar di Singapura.

“Kemenparekraf sedang dalam tahap menciptakan Wonderverse Indonesia untuk 5 destinasi super prioritas, katanya dalam keterangan tertulis, Rabu, 1 Juni 2022.

Wonderverse adalah konsep pariwisata virtual yang memungkinkan turis menjelajahi destinasi-destinasi super prioritas di Indonesia dengan bantuan teknologi. Wonderverse juga memungkinkan para wisatawan di berbagai tempat mengakses produk ekonomi kreatif lokal buatan pelaku UMKM di Tanah Air.

Saat ini, penggarapan Wonderverse masuk tahap beta. Sandiaga berharap dalam waktu tiga bulan ke depan, konsep wisata virtual ini bisa rampung dan diluncurkan hingga terpetakan dalam situs Metaverse.

Sandiaga mengatakan potensi metaverse di Indonesia sangat besar. Namun, keberadaannya tetap harus digarap dengan hati-hati agar tidak terjebak dalam euforia sesaat, seperti fenomena kripto.

“Kalau kita semuanya euforia seperti kripto kemarin ini, yang sempat terjadi PHK, ini bisa terjadi juga di Metaverse. Kita harus saling mengingatkan, berhati-hati tapi tetap optimis itu yang harus menjadi poin yang harus kita garis bawahi, katanya.

Menurut Sandiaga, banyak negara di dunia melirik Indonesia karena cepat beradaptasi dan berkolaborasi. Apalagi, kata dia, Indonesia memiliki budaya gotong royong yang dapat menguntungkan dari berbagai sisi.

Dalam acara Asia Tech Singapore (ATxSG) 2022, Sandiaga berbicara pada sesi interaktif untuk membahas metaverse bersama sejumlah narasumber lainnya. Narasumber itu meliputi CEO Branded Jasper Donat, Co-Founder & CTO Bolt Global Christel Quek, EVP and GM Global Mobile B2B/G Mobile Experience Samsung Electronics KC Choi, dan Managing Director EMEA ASEAN & India Epic Games, Quentin Staes-Polet.

Baca juga: Sandiaga Uno: Indonesia dan Singapura Akan Saling Promosikan Wisata

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.


https://bisnis.tempo.co/read/1597232/sandiaga-sebut-ri-akan-buat-wonderverse-indonesia-apa-itu

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1597232/sandiaga-sebut-ri-akan-buat-wonderverse-indonesia-apa-itu
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sandiaga Uno,
companies Google, metaverse,
ministries kemenparekraf,
organizations ASEAN,
products UMKM,
nations India, Indonesia, Singapura,
places DKI Jakarta,
cities Badung,
cases covid-19, PHK,
brands Samsung,