Megawati dan Forum Rektor Bahas Hari Lahir Pancasila

  • 01 Juni 2022 16:59:26
  • Views: 12

M Sahlan | Rabu, 01/06/2022 16:05 WIB

Megawati

Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Kelima RI yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri merayakan Hari Lahir Pancasila dengan berdialog bersama forum rektor secara virtual. 

Sebelum itu, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan itu menjelaskan dirinya telah menginformasikan ke Presiden Joko Widodo mengapa tidak bisa menghadiri di Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di Ende, Rabu (1/6/2022). 

Beliau sekarang di Ende. Saya pamit kenapa? Karena ini saya anggap penting. Padahal saya ditanya, kenapa Bu Mega tidak muncul sebagai dewan pengarah BPIP, biasa toh wartawan kan jahil, saya bilang karena bagi tugas. Disana ada pengurus BPIP. Saya merasa saya akan ketemu para rektor yang akan mengintroduksi, karena rektor yang memutuskan kurikulum, papar Megawati.

Hal itu disampaikan Megawati saat menjadi pembicara kunci di Seminar Nasional Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB) bertema Membumikan Ide dan Gagasan Soekarno-Hatta
dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, Rabu, (1/6/2022).

Dalam kesempatan itu, Megawati mengingatkan jangan sampai kita terseret arus dunia, dan sudah selayaknya kita terus berkehidupan dengan berlandaskan ideologi Pancasila.

Jangan kita melupakan Pancasila hanya gara-gara dibuat Bung Karno, ucapnya.

Megawati meminta para rektor agar memperhatikan kurikulum yang bisa menjaga pelaksanaan ideologi Pancasila.

Jadi bagaimana bapak-bapak rektor supaya ini dapat menjadi sebuah kurikulum yang mau tidak mau harus diutarakan supaya anak didik kita tahu bangsa ini terbentuk karena adanya Pancasila, itu perekat bangsa, harapnya.

Megawati mengaku pernah bicara dengan Menteri Pendikan Nadiem Makarim yang menyusun kurikulum. Megawati mengingatkan pudarnya upacara bendera setiap hari Senin di sekolah.

Apakah masih ada semangat heroik. Saya ingin cita-citakan Indonesia Raya, katanya.

Moderator seminar yang juga Rektor Untirta, Fatah Sulaiman, pun mengajak peserta yang mengikuti secara luring dan daring memberik tepuk panjang atas pilihan Megawati berdialog bersama Forum Rektor.

Kita apresiasi Beliau harusnya di Ende tapi Beliau memilih bersama kita Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa, kata Fatah.

TAGS : Megawati Soekarnoputri Forum Rektor Hari Lahir Pancasila

https://www.jurnas.com/artikel/118024/Megawati-dan-Forum-Rektor-Bahas-Hari-Lahir-Pancasila/
 
Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/118024/Megawati-dan-Forum-Rektor-Bahas-Hari-Lahir-Pancasila/
Tokoh









Graph

Extracted

persons joko widodo, Megawati Soekarnoputri, Nadiem Makarim, Soekarno,
companies ADA,
ministries BPIP,
events Hari Pancasila,
products Ideologi Pancasila, Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Ende,