Densus 88: Khilafatul Muslimin Dekat dengan Kelompok Radikal NII

  • 01 Juni 2022 16:49:30
  • Views: 10

Liputan6.com, Jakarta Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar menyebut Khilafatul Muslimin dekat dengan kelompok Negara Islam Indonesia (NII) yang radikal.

Kalau kita lihat dari pendiri kelompok ini atau gerakan ini, ini dekat sekali dengan kelompok-kelompok radikal seperti NII, ujar Aswin dalam keterangannya, Rabu (1/6/2022).

Menurut dia, Khilafatul Muslimin dekat kelompok yang kerap melakukan teror. Maka dari itu, dia berharap masyarakat menjauhi kelompok tersebut.

Kelompok ini secara historis sangat dekat bahkan, ya, kita bilang bagian, ya, sangat dekat dengan gerakan-gerakan radikal dan kelompok-kelompok teror seperti Majelis Mujahidin, kata Aswin.

Dia meminta masyarakat tak mudah terpengaruh dengan paham dari kelompok Khilafatul Muslimin maupun kelompok radikal lainnya. Ketidakpahaman masyarakat terkait ideologi kelompok ini yang harus diwaspadai.

Seharusnya, kalau kita sama-sama memahami bagaiman sejarah kelompok dan sejarah orang-orang yang di dalamnya. Kita harus betul-betul waspda, mungkin ketidaktahuan kah atau mngkin atau hal lain, ucap Aswin.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri turut menyelidiki aksi konvoi sepeda motor dengan membawa sejumlah atribut khilafah yang melintas di kawasan Cawang, Jakarta Timur. Peristiwa itu belakangan menjadi sorotan di sosial media usai videonya viral.

Densus 88 sudah monitor dan masih menyelidiki peristiwa ini dengan bekerja sama dengan unit kepolisian terkait lainnya, kata Kabag Banops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Selasa (31/5/2022).

 

Tim Densus 88 berhasil meringkus tiga teroris yang terkait dengan jaringan ISIS dan JAD di Kalimantan Tengah. Barang bukti berupa senjata api rakitan, senjata tajam, baju aksi teror, dan penutup wajah gambar tengkorak, diamankan.


https://www.liputan6.com/news/read/4976046/densus-88-khilafatul-muslimin-dekat-dengan-kelompok-radikal-nii

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4976046/densus-88-khilafatul-muslimin-dekat-dengan-kelompok-radikal-nii
Tokoh



Graph

Extracted

persons Aswin Siregar,
ministries Densus 88, Polisi,
organizations API, ISIS,
religions Islam,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN TENGAH,
cities Cawang,
cases teror, Teroris,
transportations sepeda,