Ketua DPR: Pancasila Selalu Relevan Menghadapi Tantangan dan Perkembangan

  • 01 Juni 2022 16:10:24
  • Views: 11

Jakarta: Ketua DPR Puan Maharani menyebut Pancasila relevan sebagai pondasi dari keseluruhan kebijakan dalam bernegara. Sekaligus payung dan lentera penerang atas dinamika aspirasi rakyat.
 
Dengan nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila Pancasila itulah, bangsa dan masyarakat terproteksi dari perpecahan. Meskipun penuh dengan keragaman.
 
Karena memang, sila-sila Pancasila merupakan nilai luhur yang oleh Bung Karno (Proklamator Indonesia Soekarno) digali dari dalam bumi pertiwi ini, dari tradisi-tradisi masyarakat bangsa ini, yang kemudian ditemukan lah lima butir mutiara indah, yaitu Pancasila, dasar negara Indonesia, kata Puan melalui keterangan tertulis, Rabu, 1 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Warga DKI Jakarta Diajak Lawan Paham Antipancasila
 
Pancasila yang digagas Bung Karno disepakati lahir pada 1 Juni 1945. Saat itu, Soekarno yang juga kakek dari Puan berkesempatan menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara di hadapan para anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI).
 
Dalam pidato itu, kata Puan, untuk pertama kalinya konsep dan rumusan awal Pancasila dikemukakan Bung Karno sebagai dasar negara merdeka. Puan menegaskan nilai-nilai Pancasila terus relevan dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan.
 
Selamat Hari Lahir Pancasila, aset terbesar yang dimiliki bangsa Indonesia yang kita cintai, kata Puan.
 

(JMS)


https://www.medcom.id/nasional/politik/9K5XOnBk-ketua-dpr-pancasila-selalu-relevan-menghadapi-tantangan-dan-perkembangan

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/politik/9K5XOnBk-ketua-dpr-pancasila-selalu-relevan-menghadapi-tantangan-dan-perkembangan
Tokoh





Graph

Extracted

persons Puan Maharani, Soekarno,
ministries DPR RI,
organizations BPUPKI,
events Hari Pancasila,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,