Kemenhub akan Hadirkan Angkutan Bus Seperti Transjakarta di Bandung dan Medan 

  • 01 Juni 2022 15:07:31
  • Views: 17

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan pembangunan infrastruktur angkutan bus di Bandung dan Medan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, infrastruktur bus di Bandung dan Medan ini akan dibuat seperti Transjakarta.

Ia menjelaskan, bahwa Kemenhub telah mendapatkan fasilitas pinjaman dana sebesar Rp 3,2 triliun dari Bank Dunia dan akan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur bus di Bandung dan Medan.

Baca juga: Kurangi Angka Kecelakaan Libatkan Bus dan Truk, Kemenhub Dorong Penggunaan Stiker Pemantul Cahaya

“Selain untuk membangun infrastruktur seperti terminal dan shelter, dana tersebut juga akan digunakan untuk membeli armada bus dan operasional nantinya, ucap Budi Setiyadi, Rabu (1/5/2022).

Untuk saat ini, lanjut Budi, Kemenhub telah menganggarkan Rp 50 miliar untuk melakukan kajian serta desain untuk proyek tersebut.

“Setelah dananya diterima maka di Bandung dan Medan ini akan diperbaiki dulu infrastruktur jalan untuk menunjang operasional angkutan bus ini, kata Budi Setiyadi.

Alasan dikembangkannya angkutan bus seperti Transjakarta di Bandung dan Medan, Budi mengungkapkan, jalan kota Medan sangat mumpuni untuk membuat angkutan bus seperti di Jakarta.

Baca juga: Dirjen Perhubungan Darat Sebut Penggunaan Travel Gelap Saat Periode Mudik Lebaran 2022 Masih Terjadi

“Operasional angkutan bus juga akan dilakukan seperti di Jakarta yaitu nanti akan dibangun shelter di tengah jalan seperti Transjakarta, kata Budi.

Menurut dia, jalan kota Medan sangat mumpuni untuk membuat angkutan bus seperti di Jakarta. Lokasi angkutan bus di Medan juga akan seperti di Jakarta di mana operasionalnya berada di tengah jalan.

Di jalan yang di Bandung termasuk di Medan itu akan diperbaiki. Akan dibangun seperti yang di Transjakarta ini, mungkin akan di tengah jadi bukan di pinggir, sehingga nanti mungkin saat masyarakat naik juga ada shelternya ada di tengah jalan, ucap Budi.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/01/kemenhub-akan-hadirkan-angkutan-bus-seperti-transjakarta-di-bandung-dan-medan

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/01/kemenhub-akan-hadirkan-angkutan-bus-seperti-transjakarta-di-bandung-dan-medan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Budi Setiyadi,
companies ADA, Dana,
ministries Kemenhub, Kementerian Perhubungan,
bumns TransJakarta,
ngos World Bank,
topics Mudik,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, Sumatera Utara,
cities bandung,
cases kecelakaan, travel gelap,