Pesan BNPT di Hari Lahir Pancasila: Dakwah di Wilayah Politik Bisa Ancam Kedaulatan Negara

  • 01 Juni 2022 14:49:52
  • Views: 10

Liputan6.com, Jakarta Deputi 2 Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irjen Ibnu Suhaendra menyebut ideologi khilafah yang diusung beberapa kelompok di Indonesia sangat bertentangan dengan Ideologi Pancasila dan UUD 1945.

Menurut Ibnu, kelompok seperti Khilafatul Muslimin, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), hingga Negara Islam Indonesia (NII) dalam berdakwah tidak menggunakan kekerasan. Namun, dakwah mereka yang masuk ke ranah politik bisa mengancam kedaulatan negara.

Memang mereka bergerak dengan dakwah tanpa kekerasan, namun gerakan dan dakwah yang disampaikan tujuannya masuk wilayah politik mengancam kedaulatan politik negara, ujar dia dalam keterangannya, Rabu (1/6/2022).

Pada Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni ini, dia berharap ideologi Pancasila terus digelorakan demi kedaulatan negara. Ideologi Pancasila harus terus ditanamkan kepada seluruh masyarakat Indonesia sejak dini.

Upaya pembumian Pancasila juga perlu diupayakan mulai tingkatan sekolah, baik umum maupun lembaga pendidikan keagamaan hingga di tengah masyarakat, kata dia.

Dia berharap masyarakat terus memedomani bahwa Pancasila merupakan ideologi negara, dan sebagai kritik kebijakan negara. Serta pengamalan nilai-nilai Pancasila melalui pendidikan dan pembudayaan.

Tak hanya itu, dia berharap peran optimal dari pemerintah, TNI, Polri, tokoh masyarakat dan agama dalam melakuka kegiatan kebangsaan dan cinta Pancasila.

Memperkuat strategi media dalam menghadapi serangan radikalisme melalui cyberspace, dia menandaskan.

Kota Ende memiliki nilai sejarah penting dari tonggak sejarah nasional. Di kota ini dasar kebangsaan lahir dan tercetus selama pengasingan Bung Karno. Pada masa pengasingan, Bung Karno telah menyusun butir-butir kebhinekatunggalikaan dan kebangsaan y...


https://www.liputan6.com/news/read/4975967/pesan-bnpt-di-hari-lahir-pancasila-dakwah-di-wilayah-politik-bisa-ancam-kedaulatan-negara

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4975967/pesan-bnpt-di-hari-lahir-pancasila-dakwah-di-wilayah-politik-bisa-ancam-kedaulatan-negara
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BNPT, TNI,
bumns Garuda Indonesia,
religions Islam,
events Hari Pancasila,
products Ideologi Pancasila, Pancasila, UUD 1945,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Ende,