Hasan Nasbi Cyrus Network: Paling Realistis, PKS Usung Anies Jadi Cawapres

  • 01 Juni 2022 14:29:37
  • Views: 12

Hasan Anies tiba di Milad PKS. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - PKS mengakui tengah mencari jodoh dalam Pemilu 2024. Sejumlah nama masuk radar. Termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Pendiri Cyrus Network Hasan Nasbi memiliki analisis tersendiri tentang peluang PKS di Pemilu 2024. Menurut dia, PKS paling memungkinkan mendorong Anies Baswedan sebagai cawapres 2024. PKS dinilai tidak dalam posisi sebagai pemimpin koalisi untuk perhelatan Pilpres 2024.

taboola

Paling jauh itu Anies (diusung PKS) itu cawapres. Rezim sekarang bukan rezim elektabilitas, melainkan rezim pemilik tiket, ujar Hasan, Rabu (1/6).

Hasan mengatakan, Milad PKS beberapa waktu lalu merupakan ajang penjajakan pengusungan capres kepada Anies Baswedan yang turut hadir di acara tersebut. Hal ini diperkuat dengan yel-yel 'Anies capres' yang diteriakan mayoritas kader PKS saat acara berlangsung.

Hasan mengatakan akar rumput PKS dan berbagai survei yang ada, sebagian besar menginginkan Anies Baswedan maju di pilpres 2024.

Saya sarankan PKS segera membuat komitmen resmi politik dengan Anies Baswedan sebagai partai pengusung. Komitmen resmi hitam di atas putih ini akan membuat gerak PKS tidak akan sulit dalam menawarkan Anies Baswedan kepada koalisi atau partai lain, tambahnya.

Hasan menambahkan, PKS akan mengalami banyak hambatan jika belum menjadi partai resmi pengusung Anies Baswedan.

Selain belum memenuhi 20 persen President Threshold, pilihan semakin terbatas sejak Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri atas Golkar, PPP dan PAN terbentuk beberapa waktu lalu. Belum lagi, Partai Gerindra dan PDIP yang masing- masing memiliki capres sendiri.

Ada 4 partai yang bisa berakrobat untuk menjadi satu kesatuan koalisi partai pengusung Anies Baswedan. Keempatnya yakni NasDem, PKB, Demokrat, termasuk PKS, tambahnya.

2 dari 4 halaman

Kerumitan Bangun Koalisi

Meski demikian, Hasan menilai, ada kerumitan pada keempat partai yang nyaris sama besarnya di parlemen dalam mengusung Anies Baswedan. Terutama dalam hal partai yang akan menjadi pemimpin koalisi.

Dia mencontohkan, saat PKS ingin menjadi partai resmi pengusung Anies Baswedan, maka NasDem akan meminta sebagai pemimpin koalisi. Karena jumlah kursinya di DPR paling banyak diantara empat partai itu.

Seperti diketahui, ada perbedaan yang sangat tipis dalam jumlah perwakilan keempat partai di DPR. Partai NasDem memiliki 59 kursi, PKB 58 kursi, Demokrat 54, dan PKS 50 kursi.

NasDem juga nanti bilang, Anies Baswedan perwakilan dari kami ya, karena kita 59 kursi. Tapi nanti PKS balas menjawab, kalau karakakter massa, mereka yang paling solid dukung Anies. Jadi perdebatannya masih panjang, tambahnya.

Dia mencontohkan, jika PKS gabung ke KIB, maka perdebatan partai pengusung Anies Baswedan tidak akan terjadi. Begitu juga jika PKS membawa Anies Baswedan ke Gerindra maupun PDIP.

Begitu juga soal pemimpin koalisi, otomatis melekat pada Golkar di KIB, PDIP serta Gerindra.

Tapi kalau gabung ke NasDem, pasti egonya PKS akan muncul, Anies Baswedan lebih dekat dengan kita kok, yang jadi leadernya koalisinya NasDem, tambahnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini belum ada sati partai pun yang resmi akan mengusung Anies Baswedan dalam perhelatan Pilpres 2024.

Hasan mengatakan, meski resmi nantinya jadi pengusung Anies Baswedan, maka PKS paling realistis menyodorkannya ke koalisi atau partai pemilik tiket sebagai cawapres.

Menurut saya leader koalisi dalam konstelasi partai-partai yang ada saat ini hanya tiga, PDIP, Gerindra dan Golkar. Anies bisa jadi capres kalau diusung salah satu dari tiga partai itu. Tapi kalau lewat PKS, paling jauh hanya bisa menyodorkan Anies Baswedan sebagai cawapres, tutupnya.

3 dari 4 halaman

PKS Mencari Jodoh

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar acara Milad ke 20 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (29/5). Sejumlah elite parpol hadir dalam acara tersebut di antaranya PKB, PPP, Demokrat dan Golkar.

Saat Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi berpidato, ia berbicara kemungkinan berjodoh dengan parpol lain untuk Pilpres 2024. PKS masih mengamati tokoh mana paling menarik untuk dipinang sebagai capres.

Siapa tahu, siapa tahu pas kumpul-kumpul begini ada yang berjodoh di 2024, kita enggak tahu siapa yang bisa kita pinang di depan mata ini, gadis mana yang paling cantik, kata Aboe Bakar saat pidato di istora Senayan, Jakarta, Minggu (29/5).

Aboe lalu melempar candaan kepada Ketua Bawaslu Rahmad Bagja bahwa PKS perlahan mulai memilih tokoh yang diusung. Dia lalu menyoroti Muhaimin Iskandar, Anies Baswedan, Sandiaga Uno hingga Agus Harimurti Yudhoyono.

Jadi pak Bagja kita mohon maaf nih kita lagi cari jodoh pelan-pelan ya, Pak Muhaimin kalau dilamar jangan kaget-kaget, Pak Anies atau Pak Sandi atau siapapun yang ada, pak AHY, moga-moga ada jodoh, tuturnya.

Dari milad PKS ini, kata Aboe, perjodohan PKS untuk Pilpres 2024 akan dimulai. Dia pun berterima kasih kepada tokoh politik yang telah hadir dalam acara PKS.

Mungkin di sini lah kita ingin bikin pertemuan perjodohan dalam waktu awal-awal, kami sampaikan terima kasih kehadiran semua, tukas Aboe.

4 dari 4 halaman

Nama Anies Bikin Bergemuruh

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencuri perhatian pada puncak acara Milad ke-20 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (29/5). Nama Anies membuat seluruh massa dari PKS menjadi meriah.

Hal itu terlihat ketika Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi menyapa para tokoh politik yang hadir, termasuk Anies. Mulanya, Aboe menyapa beberapa elite politik yang hadir.

Di sini hadir Mas Ibas (Edhie Baskoro Yudhoyono) berbaju biru, Pak Rachmat Gobel dari Nasdem, Mas Firman (Soebagyo) berbaju kuning, dan Pak Anies Baswedan berbaju oranye, ucap Aboe di Istora Senayan.

Setelah mendengar nama Anies, teriakan penonton yang hadir semakin riuh. Bahkan, Anies juga sempat diteriaki capres.

Ada apa ini dengan Pak Anies? tanya Aboe Bakar.

Presiden teriak sejumlah kader PKS.

Bersabarlah, Pak Anies, kata Aboe Bakar lagi.

[rnd]

https://www.merdeka.com/politik/hasan-nasbi-cyrus-network-paling-realistis-pks-usung-anies-jadi-cawapres.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/politik/hasan-nasbi-cyrus-network-paling-realistis-pks-usung-anies-jadi-cawapres.html
Tokoh

















Graph