Sambut Ajang Formula E, Michelin Siap Hadirkan Teknologi Ban Terbaru

  • 01 Juni 2022 14:10:47
  • Views: 12

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Indonesia akan segera menggelar balap Formula E atau 2022 Jakarta E-Prix yang diadakan pada 4 Juni 2022 di Ancol, Jakarta.

Menyambut musim ke delapan dari ajang balap mobil listrik yang akrab disebut FIA Formula E, pabrikan ban Michelin kini kembali bersiap untuk hadir dengan berbagai teknologi dan inovasi terbaru, sebagai upaya untuk mendukung mobilitas berkelanjutan.

Sejak pertama kali diadakan pada September 2014, Michelin sebagai satu di antara founding fathers, senantiasa memanfaatkan seri balap ini sebagai wadah untuk mengembangkan teknologi baru serta ban masa depan.

Baca juga: Pebalap Formula E dari Amerika Serikat Takjub pada Keindahan Sirkuit JIEC Ancol

Selama tujuh musim diselenggarakannya Formula E, Michelin telah menghasilkan tiga generasi ban balap yang tidak hanya tersedia dalam ukuran baru, tetapi juga mengombinasikan konsistensi dan ketahanan luar biasa, baik dalam kondisi jalanan kering maupun basah.

Keterlibatan Michelin dalam Formula E tidak hanya untuk mengembangkan teknologi dan performa ban, namun sejalan dengan target perusahaan untuk melindungi lingkungan.

Mulai dari proses produksi ban, pengangkutan ban hingga ke titik tujuan ajang Formula E, semuanya mengutamakan netralitas emisi karbon.

Melalui penggunaan delapan ban atau dua set per kejuaraan, Formula E menjadi kejuaraan dunia FIA dengan konsumsi ban paling sedikit, yang artinya hanya sejumlah kecil ban diproduksi untuk kejuaraan dengan lebih sedikit kebutuhan penutup ban, yang membantu Michelin mewujudkan pengurangan jejak karbon.

Manager Program Formula E Michelin Mirko Pirrachio, mengatakan bahwa format kualifikasi baru pada Formula E memberikan dampak pada penentuan strategi ban.

Baca juga: H-3 Formula E di Ancol, Jokowi Bakal Datang hingga Politisi PSI Ini Antusias Nonton Langsung

Mengingat alokasi ban yang dimiliki pembalap, kualitas dan performa ban yang konsisten tampil prima menjadi sangat penting meskipun menggunakan ban yang sama berulang kali. Keunggulan Michelin Pilot Sport yang fleksibel dan tahan lama memungkinkan pembalap dapat menerapkan pengaturan dan tekanan ban yang sesuai. Selain itu, sistem teknologi ‘connected tyre’ yang terdapat pada ban memudahkan tim Michelin untuk melacak performa ban, seperti memantau tekanan ban dari jarak jauh dan menghasilkan data yang terenkripsi, tutur Pirrachio.


https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/06/01/sambut-ajang-formula-e-michelin-siap-hadirkan-teknologi-ban-terbaru

Sumber: https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/06/01/sambut-ajang-formula-e-michelin-siap-hadirkan-teknologi-ban-terbaru
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
parties PSI,
topics Listrik,
nations Amerika Serikat, Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Ancol,
transportations mobil listrik,