Hari Lahir Pancasila, Ganjar Ajak Masyarakat Hargai Keberagaman

  • 01 Juni 2022 14:09:13
  • Views: 10

Semarang: Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara virtual. Adapun upacara dilaksanakan terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
Ganjar mengajak masyarakat saling menghargai keberagaman. Menurut dia, sikap tersebut merupakan bentuk upaya membumikan Pancasila.
 
Bagaimana kita saling menghormati dengan berbagai keberagaman yang ada, bagaimana nilai kemanusiaan itu mesti diberikan, Indonesia mesti bersatu secara demokratis sampai menuju keadilan, kata Ganjar di Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Rabu, 1 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ganjar menerangkan bila semua pihak dan masyarakat saling menghormati, menghargai, dan gotong rotong maka spirit Pancasila bisa membumi. Bahkan, kata Ganjar, bisa merasuk ke pikiran serta hati dan berujung pada perilaku. 
 
Dia menyebut hal itu mesti diawali dengan pemimpin yang baik. Ganjar menilai pemimpin yang positif akan membuat masyarakat juga bersikap baik. 
 
Itu sebuah harapan kita, pemerintah diharapkan bisa membumikan itu. Maka kepada masyarakat, pemimpin mesti memberikan contoh perbuatan baik. Kalau iya maka masyarakat akan mengukuti prilaku yang baik juga, jelas dia.
 
Baca: Jokowi Ajak Anak Bangsa Bersama-sama Membumikan Pancasila
 
Ganjar mengapresiasi gelaran upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di tempat perenungan pertama Soekarno tentang pancasila. Ganjar menilai filosofi upacaranya bagus. 
 
Diceritakan sejarahnya untuk pertama kalinya dirayakan di luar Jakarta dan di Ende itu menurut saya membuka pikiran bagaimana sejarah ini divisualkan dalam bentuk upacara di tempat perenungannya Bung Karno. Ini menurut saya menjadi sesuatu yang bagus, tutur dia.
 
Dalam upacara virtual itu, Ganjar didampingi Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen berserta jajaran Forkopimda, TNI-Polri, dan Kejaksaan . Ganjar mengenakan setelan batik dengan atasan merah dan bawahan putih cokelat. Ganjar juga memakai belangkon khas Jawa.
 

(LDS)


https://www.medcom.id/nasional/daerah/4baqglZb-hari-lahir-pancasila-ganjar-ajak-masyarakat-hargai-keberagaman

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/4baqglZb-hari-lahir-pancasila-ganjar-ajak-masyarakat-hargai-keberagaman
Tokoh









Graph

Extracted

persons Ganjar Pranowo, joko widodo, Soekarno, Taj Yasin Maimoen,
companies ADA,
ministries Kejaksaan, TNI,
organizations forkopimda,
events Hari Pancasila,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Ende, Semarang,