Menkes Beberkan 3 Syarat Indonesia Bisa Berstatus Endemi

  • 01 Juni 2022 14:09:54
  • Views: 9

Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut terdapat tiga syarat untuk merubah pandemi covid-19 menjadi endemi. Salah satunya transmisi komunitas berada di level 1 selama tiga bulan berturut-turut.
 
Transmisi komunitasnya itu kan ada aturan WHO, transmisi komunitas yang tiga faktor berapa kasus per 100 ribu, berapa yang masuk rumah sakit per 100 ribu, berapa yang meninggal per 100 ribu itu level 1 selama 3 bulan berturut-turut, ujar Budi dalam keterangan tertulis di laman covid19.go.id, yang dikutip Rabu, 1 Juni 2022.
 
Selanjutnya, capain vaksinasi dosis kedua harus mencapai 70 persen dari jumlah populasi. Kemudian, Budi mengusulkan laju penularan di bawah satu selama minimal tiga bulan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Tiga syarat) itu menjadi pertimbangan kami dari sektor kesehatan merasa cukup yakin bahwa sudah bisa dibuat keputusan transisi dari pandemi menjadi endemi, terangnya.
 
Baca: Menkes: Booster Tingkatkan Antibodi Berlipat-lipat
 
Kendati demikian, Budi menyebut pandemi covid-19 merupakan pandemi global yang tidak hanya terjadi di Indonesia. Sehingga keputusan untuk melakukan transisi dari pandemi menjadi endemi tidak dapat diputuskan oleh suatu negara dan harus dikoordinasikan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
 
Indonesia tidak bisa mengambil keputusan sendiri mengenai ini sudah menjadi endemi, jelasnya.
 

(LDS)


https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/ybDXPv0b-menkes-beberkan-3-syarat-indonesia-bisa-berstatus-endemi

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/ybDXPv0b-menkes-beberkan-3-syarat-indonesia-bisa-berstatus-endemi
Tokoh



Graph

Extracted

persons Budi Gunadi Sadikin,
companies ADA,
ministries Kemenkes,
ngos WHO,
events vaksinasi,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases covid-19,