Jokowi Terima Gelar Ketua Adat Ende: Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa

  • 01 Juni 2022 13:52:10
  • Views: 11

Rabu, 1 Juni 2022 - 12:27 WIB

VIVA – Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), menerima penganugerahan gelar tua adat Ende ‘Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa’. Gelar adat yang diterima presiden tersebut bermakna ‘Pemimpin wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat NTT, khususnya masyarakat Ende, yang telah menerima saya, Ibu Iriana, dan seluruh rombongan. Sejak awal datang sampai sekarang diterima dengan penuh kehangatan, ujar Presiden dari keterangan, Rabu 1 Juni 2022.

Presiden

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di Ende, Nusa Tenggara Timur.

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden.

Prosesi pengukuhan itu dilakukan di Rumah Tenun Ende. Adapun sebelum proses pengukuhan Jokowi dan Iriana Jokowi juga berkesempatan mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno dan Taman Renungan Bung Karno.

Jokowi menilai dari kehangatan yang diterimanya melalui masyarakat Ende, menginspirasi Bung Karno dalam merumuskan Pancasila.

“Inilah yang menurut saya kenapa Bung Karno memiliki pemikiran dan renungan-renungan mengenai Pancasila yang dimulai dari Ende. Karena saya merasa beliau berada dalam sebuah kehangatan masyarakat yang selalu dekat dengan pemimpinnya. Sekali lagi, saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Ende, jelasnya.

Dilansir dari laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Proklamator Indonesia, Soekarno atau Bung Karno diasingkan di Ende dari tahun 1934-1938.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1480482-jokowi-terima-gelar-ketua-adat-ende-mosalaki-ulu-beu-eko-bewa?terbaru=1

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1480482-jokowi-terima-gelar-ketua-adat-ende-mosalaki-ulu-beu-eko-bewa?terbaru=1
Tokoh







Graph

Extracted

persons Iriana joko widodo, joko widodo, Soekarno,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places Aceh, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Ende,