Politisi Gerindra Bakal Fasilitasi PGN Beli Gas Bumi dari Blok Sijunjung

  • 01 Juni 2022 13:47:25
  • Views: 11

AKURAT.CO, Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade akan menjembatani proses negosiasi antara Pemerintah Kabupaten Sijunjung dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk pembelian hasil gas bumi dari Blok Sijunjung, Sumatera Barat.

Ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Andre dengan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Utama PGN Haryo Yuniato. Andre juga mengatakan masih ada peluang gas yang memiliki kesiapan yang cukup matang, terutama dari produksi.

Kami kemarin rapat dan melihat ada peluang gas pada wilayah yang dioperasikan PT RBB yang telah memiliki kesiapan yang cukup matang baik dari sisi sarana dan prasarana kegiatan produksi dijual ke PT PGN. Ini akan menjadi win-win solution antara perusahaan dan juga pemerintah atau BUMN, kata Andre dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (31/5/2022).

baca juga:

Ketua DPD Partai Gerindra Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) tersebut menyampaikan bila dirinya telah turun untuk berkoordinasi dengan Bupati Sijunjung Benny Dwifa mengenai peluang penjualan hasil gas yang saat ini tengah diekspolrasi. Menurut penuturannya, hasil gas disana sudah siap tapi sampai saat ini belum ada yang membeli.

Kami mendapatkan informasi, fasilitas sudah siap semua. Bahkan sumurnya sudah ada dan tinggal mengeluarkan gasnya. Sayangnya, pembelinya belum ada dan belum bisa diproduksi. PGN secara umum sudah menyetujui pembelian gas dari Sijunjung ini, saat ini menunggu proses, jelas Andre.

Andre juga mengatakan bahwa dirinya telah meminta Pemkab Sijunjung dan perusahaan pengelola gas untuk berdialog kembali dengan PT PGN terkait proses jual beli ini. Jika kesepakatan tercapai, kata Andre, hal itu bisa membuat ketersediaan gas bumi di Sumbar lebih baik.

Ini adalah tugas kami sebagai anggota DPR RI dari Sumbar. Kalau jual-beli gas ini terjadi, tentu akan menambah peluang bergeraknya ekonomi di Sijunjung. Juga membuka peluang kerja dan usaha di Sijunjung, tutur Andre.

Sebagai informasi, kegiatan eksplorasi migas di Sijunjung telah dimulai sejak 1981 oleh PT Caltex dengan wilayah kerja Blok Singkarak. Per 2015 lalu, PT RBB mengambil alih kegiatan eksplorasi blok. Pada 2018, PT RBB telah melakukan eksplorasi pada Sumur Sinamar-1 dengan potensi gas yang dihasilkan mencapai 35 mmscfd atau setara dengan 210 Mega Watt (MV) listrik.

Namun kendala yang terjadi saat ini adalah di tahap negosiasi dengan pembeli potensial agar hasil gas dapat keluar dan dijual ke pasaran.

Jika sesuai target, Blok Migas Sijunjung akan mulai beroperasi pada 2023 mendatang. Besarnya potensi gas yang dihasilkan, sekitar 35 mmscfd, bisa dialokasikan dalam bentuk kargo sebesar 16 mmscfd untuk 2 kargo, dengan perkiraan sebesar 8 mmscfd per kargo, sehingga sisanya bisa untuk dikonsumsi bagi daerah setempat.[]


https://akurat.co/politisi-gerindra-bakal-fasilitasi-pgn-beli-gas-bumi-dari-blok-sijunjung

Sumber: https://akurat.co/politisi-gerindra-bakal-fasilitasi-pgn-beli-gas-bumi-dari-blok-sijunjung
Tokoh







Graph

Extracted

persons Andre Rosiade, Nicke Widyawati, Widyawati,
companies ADA,
ministries DPD, DPR RI, Komisi VI DPR,
bumns PT Pertamina, PT Perusahaan Gas Negara,
parties Gerindra,
topics Listrik,
places SUMATERA BARAT,
cities Sijunjung,