Biaya Haji Bengkak hingga Rp1,5 Triliun, Ini Tanggapan DPR

  • 01 Juni 2022 13:07:04
  • Views: 8

IDXChannel  - Seperti diketahui, biaya Haji mengalami pembengkakan besar mencapai Rp1,5 Triliun. Padahal, proses pemberangkatan calhaj kloter pertama kurang dari satu pekan.

Menyikapi hal itu, anggota Komisi VIII DPR RI KH Maman Imanulhaq mengatakan, melonjaknya biaya haji itu bukan karena salah perhitungan. Hal itu lantaran kebijakan baru pemerintah Arab Saudi yang tiba-tiba menaikkan harga paket layanan di masyair, baik Arafah, Muzdalifah, maupun Mina.

Bagi Kang Maman, demikian dia biasa disapa, kondisi itu menjadi buah simalakama. Satu sisi, pembengkakan anggaran itu menjadi gunjingan publik. Di sisi lain, negara harus memastikan keberangkatan jemaah haji dilaksanakan sesuai dengan jadwal.

Komitmen PKB tentunya tegas yakni pertama menyelamatkan keberangkatan haji, dan yang kedua adalah menyelamatkan dana jemaah haji, kata politisi PKB itu.

Untuk menyelesaikan permasalah itu, Komisi VIII DPR RI menyetujui penambahan anggaran yang diambil dari dana efisiensi penyelenggaraan haji sebesar Rp740 miliar. Sisanya, jelas dia, diambil dari nilai manfaat dana haji.

Kang Maman menegaskan, persetujuan itu bukan juga tanpa syarat. Pengasuh Ponpes Al Mizan Jatiwangi, Majalengka itu berharap, ke depan kasus serupa tidak boleh terulang. Ia meminta Kementerian Agama untuk bisa mengantisipasi dengan mampu menganalisa nalar kebijakan Arab Saudi.

Kebijakan itu tidak hanya berdampak terhadap Indonesia saja. Seluruh dunia, jelas dia, terimbas kebijakan tersebut

Bismillah, atas dukungan Komisi VIII DPR RI, insya Allah seluruh rangkaian haji jemaah asal Indonesia bakal terlaksana sesuai dengan jadwal. Saya berdoa semoga semua rangkaian ibadah di Tanah Suci yang dilaksanakan menghasilkan haji yang mabrur, kata legislator asal Majalengka itu.

(SAN)


https://www.idxchannel.com/economics/biaya-haji-bengkak-hingga-rp15-triliun-ini-tanggapan-dpr

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/biaya-haji-bengkak-hingga-rp15-triliun-ini-tanggapan-dpr
Tokoh





Graph

Extracted

persons Maman Imanulhaq, Muzdalifah,
companies Dana, MNC,
ministries DPR RI, Komisi VIII DPR,
parties PKB,
topics haji, Penyelenggaraan Haji,
nations Arab Saudi, Indonesia,
places JAWA BARAT,