Modal Rp 1,2 Miliar, Tesla Sah Masuk Thailand!

  • 01 Juni 2022 12:47:20
  • Views: 17

AKURAT.CO, Pabrikan mobil listrik terbesar di dunia, Tesla, secara resmi telah mendaftarkan kantornya di Thailan dengan modal awal senilai 3 juta baht atau sekitar Rp 1,27 miliar. Hal ini disampaikan langsung oleh Departemen Pengembangan Bisnis Kementerian Perdagangan Thailand pada Selasa (31/5/2022),

Menurut Departemen Pengembangan Bisnis Kementerian Perdagangan Thailand mengatakan bila Tesla hanya akan menjual kendaraan listrik seperti mobil penumpang hingga truk pick-up di Thailand. Sehingga perusahaan Elon Musk ini hanya akan menjual kendaraan tanpa memproduksi atau merakit mobilnya di Thailand.

Adapun direksi Tesla (Thailand) Ltd. antara lain akan dijabat oleh David Jon Feinstein, Vaibhav Taneja, dan Yaron Klein. Dengan masuknya Tesla ke Thailand merupakan bentuk dari kebijakan negeri gajah putih itu untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik untuk transisi menjadi zero emission dimasa mendatang

baca juga:

Pada Maret lalu, pemerintah Thailand menyetujui 3 miliar baht dari anggaran fiskal tahun 2022 untuk mendanai insentif pada kendaraan listrik. Termasuk subsidi harga eceran kendaraan listrik dan pembebasan cukai. Selain itu, pemerintah Thailand juga telah mengembangkan rencana 10 tahun agar industri otomotif beralih dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke kendaraan listrik.

Rencana tersebut bertujuan agar kendaraan listrik ini dapat menyumbang setengah dari total produksi mobil pada tahun 2023.

Menurut The Electric Vehicle Association of Thailand (EVAT), pada 2021, Thailand mendaftarkan 5.781 unit kendaraan listrik baru untuk digunakan tahun lalu di antaranya termasuk 3.673 sepeda motor listrik.

Analis di Nomura Securities mengatakan, sentimen pada perusahaan Thailand yang terkait dengan industri kendaraan listrik seperti KCE Electronics Plc (KCE), Delta Electronics Thailand Plc (DELTA), dan Energy Absolute Plc (EA) kemungkinan akan mendapat manfaat dari berita ini.

“KCE memproduksi papan sirkuit cetak elektronik, sementara DELTA membuat komponen baterai, kata analis Nomura.

Sebelumnya, Perwakilan dari Tesla berada di Indonesia dua minggu lalu untuk pertemuan mengenai potensi investasi terkait baterai di kompleks industri di provinsi Jawa Tengah. Pasalnya, Indonesia merupakan pemasok nikel terbesar di dunia, di mana nikel menjadi bahan baku utama dalam pembuatan baterai kendaraan listrik.


https://akurat.co/modal-rp-12-miliar-tesla-sah-masuk-thailand

Sumber: https://akurat.co/modal-rp-12-miliar-tesla-sah-masuk-thailand
Tokoh



Graph

Extracted

persons Elon Musk,
ministries Kemendag,
topics Listrik,
products baterai kendaraan listrik, kendaraan listrik,
nations Indonesia, Thailand,
places JAWA TENGAH,
transportations mobil listrik, sepeda, Sepeda Motor Listrik,
brands Tesla,
animals Gajah,