Pohon Sukun dan Inspirasi Bung Karno tentang Pancasila

  • 01 Juni 2022 12:49:27
  • Views: 13

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi Taman Renungan Bung Karno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada peringatan Hari Lahir Pancasila, Rabu (1/6/2022). Hal ini dilakukan Jokowi usai memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kabupaten Ende.

Presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno pernah tinggal di Ende selama pengasingannya dari 14 Januari 1934 sampai dengan 18 Oktober 1938.

Selama menjalani masa pengasingan, Bung Karno banyak menghabiskan waktunya untuk melakukan perenungan tepat di bawah pohon sukun bercabang lima yang ada di taman tersebut.

Menurut pengakuan Bung Karno dalam otobiografinya, tempat yang saat ini menjadi Taman Renungan Bung Karno adalah tempat di mana Bung Karno mendapatkan inspirasi tentang Pancasila yang kemudian diusulkan menjadi dasar bagi negara Indonesia merdeka.

Ketika Bung Karno kembali ke Ende setelah dibuang kembali ke Bengkulu, 12 tahun setelah itu beliau datang kembali ke Ende sebagai seorang Presiden Republik Indonesia,ujar Noncent W Noi, penutur yang menjelaskan kepada Jokowi, sebagaimana dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu.

Dan di hadapan ribuan penduduk Ende ketika itu beliau mengungkapkan bahwa 'Di kota ini aku temukan lima butir mutiara dan di bawah pohon sukun ini kurenungkan nilai-nilai luhur Pancasila', sambungnya.

 

Kota Ende memiliki nilai sejarah penting dari tonggak sejarah nasional. Di kota ini dasar kebangsaan lahir dan tercetus selama pengasingan Bung Karno. Pada masa pengasingan, Bung Karno telah menyusun butir-butir kebhinekatunggalikaan dan kebangsaan y...


https://www.liputan6.com/news/read/4975884/pohon-sukun-dan-inspirasi-bung-karno-tentang-pancasila

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4975884/pohon-sukun-dan-inspirasi-bung-karno-tentang-pancasila
Tokoh







Graph

Extracted

persons Iriana joko widodo, joko widodo, Soekarno,
companies ADA,
events Hari Pancasila,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places BENGKULU, DKI Jakarta, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Ende,