Ukraina Identifikasi 600 Tersangka Kejahatan Perang Rusia

  • 01 Juni 2022 10:58:47
  • Views: 14

Supianto | Rabu, 01/06/2022 09:20 WIB

Ukraina

Awak darurat melakukan kebakaran di dekat puing-puing buning, setelah sebuah gedung sekolah terkena akibat penembakan, di desa Bilohorivka, Luhansk, Ukraina, 8 Mei 2022. (Foto: State Amergency Services/Handout via Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Jaksa tinggi Kyiv mengatakan, Ukraina telah mengidentifikasi lebih dari 600 tersangka kejahatan perang Rusia dan telah mulai menuntut sekitar 80 dari mereka.

Daftar tersangka termasuk militer tinggi, politisi dan agen propaganda Rusia kata jaksa agung Iryna Venediktova pada konferensi pers di Den Haag, dikutip dari Reuters.

Venediktova mengatakan Estonia, Latvia dan Slovakia telah memutuskan untuk bergabung dengan tim investigasi internasional di Ukraina, yang awalnya dibentuk oleh Ukraina, Lituania dan Polandia pada Maret untuk memungkinkan pertukaran informasi dan penyelidikan terhadap dugaan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Mereka bekerja sama dengan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), yang meluncurkan penyelidikannya terhadap kemungkinan kejahatan perang di Ukraina pada awal Maret.

Kantor jaksa ICC Karim Khan telah mengerahkan tim yang terdiri dari 42 penyelidik, ahli forensik dan personel pendukung ke Ukraina dan Khan pada hari Selasa mengatakan ICC sedang bekerja untuk membuka kantor di Kyiv untuk mendukung penyelidikan.

Venediktova mengatakan dukungan internasional sangat penting bagi upaya Ukraina untuk menyelidiki semua kemungkinan kejahatan perang.

Kita harus mengumpulkan dan melindungi semuanya dengan cara yang benar. Itu harus menjadi bukti yang dapat diterima di pengadilan mana pun, kata jaksa.

TAGS : Ukraina Kejahatan Perang Invasi Rusia

https://www.jurnas.com/artikel/118000/Ukraina-Identifikasi-600-Tersangka-Kejahatan-Perang-Rusia/
 
Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/118000/Ukraina-Identifikasi-600-Tersangka-Kejahatan-Perang-Rusia/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
ministries Jaksa Agung,
institutions Pengadilan Kriminal Internasional (ICC),
nations Estonia, Latvia, Polandia, Rusia, Ukraina,
places DKI Jakarta,
cases kebakaran, penembakan,