Jokowi Kunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende, Tempat Lahirnya Pancasila

  • 01 Juni 2022 10:48:47
  • Views: 11

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi salah satu tempat yang menjadi bagian dari sejarah perjalanan bangsa Indonesia, Rabu (1/6/2022). Tempat bersejarah itu yakni, Rumah Pengasingan Bung Karno yang berlokasi di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jejak perjuangan Bung Karno masih terlukis jelas di rumah tersebut. Di rumah itu, Jokowi dan Iriana berkesempatan melihat berbagai macam barang-barang peninggalan Bung Karno bersama keluarga selama diasingkan.

Mulai dari, lukisan tangan Bung Karno dan naskah drama sandiwara yang terukir kesan mendalam akan nilai persahabatan, kerakyatan, dan cintanya terhadap alam. Adapun Bung Karno menempati rumah itu selama empat tahun dari 1934 sampai 1938.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menjelaskan, saat diasingkan, Bung Karno pernah menyebut tempat ini sebagai ujung dunia. Pasalnya, saat itutidak pernah terbayangkan bangsa Indonesia dapat merdeka.

Namun dengan jiwa cinta Tanah Air yang sangat besar, Bung Karno mampu mengubah situasi tersebut menjadi semangat dalam memerdekakan Tanah Air. Yudian menyebut Kabupaten Ende menjadi salah satu titik perjalanan Bung Karno, Pancasila, hingga Indonesia Merdeka.

Di situlah beliau (Bung Karno) bisa memanfaatkan dari situasi yang sangat menekan itu menjadi semangat pembebas lebih lanjut. Oleh karena itu, Ende ini menjadi salah satu titik utama dalam perjalanan Bung Karno, Pancasila, dan akhirnya kemerdekaan, jelas Yudian dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu.

 

Satu hari menjelang demonstrasi mahasiswa depan gedung DPR, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pemilu akan digelar 14 Februari 2024. Upaya untuk redam gejolak politik?


https://www.liputan6.com/news/read/4975826/jokowi-kunjungi-rumah-pengasingan-bung-karno-di-ende-tempat-lahirnya-pancasila

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4975826/jokowi-kunjungi-rumah-pengasingan-bung-karno-di-ende-tempat-lahirnya-pancasila
Tokoh







Graph

Extracted

persons Iriana joko widodo, joko widodo, Yudian Wahyudi,
ministries BPIP, DPR RI,
fasums Gedung DPR,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Ende,