Gunung Dempo di Sumsel Semburkan Abu Vulkanis Sejauh 5 Kilometer

  • 01 Juni 2022 10:09:47
  • Views: 10

Pagar Alam: Gunung Dempo di Kota Pagar Alam, Sumatra Selatan (Sumsel), menyemburkan abu vulkanis dengan radius 5 kilometer ke arah timur dan disertai gempa pada Selasa, 31 Mei 2022. Kejadian tersebut berlangsung kurang lebih 239 detik atau sekitar 3,59 menit.
 
Abu vulkanis itu berterbangan hingga memenuhi arah perkebunan teh di kawasan kaki Gunung Dempo, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pagar Alam, Jon Hasmen, Rabu, 1 Juni 2022.
 
Jon mengatakan Gunung Dempo saat ini masih berstatus waspada level II sejak Januari 2022. Saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan mengenai kondisi terkini Gunung Dempo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Gunung Merapi Muntahkan 147 Kali Awan Panas Sepekan Terakhir
 
Masyarakat maupun pendaki diimbau tetap berhati-hati setiap melakukan aktivitas di sekitar Gunung Dempo. Untuk jalur pendakian tidak ditutup, hanya saja aktivitas pendakian dibatasi, jelasmya.
 
Sementara itu, Kabid Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori, telah menginstruksikan kepada BPBD di dua daerah yang dekat dengan Gunung Dempo untuk meninjau kembali rencana kontijensi agar menyesuaikan kondisi lapangan sesuai kondisi aktual yang ada.
 
Adapun dua lokasi yang dekat dengan Pagar Alam yakni Kabupaten Lahat dan Empat Lawang.
 
Kami juga berencana akan membuat jalur evakuasi serta membuat titik pengungsian dengan sarana dan prasarana pendukung yang memadai, katanya.


 

(MEL)


https://www.medcom.id/nasional/daerah/ybJr1nBb-gunung-dempo-di-sumsel-semburkan-abu-vulkanis-sejauh-5-kilometer

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/ybJr1nBb-gunung-dempo-di-sumsel-semburkan-abu-vulkanis-sejauh-5-kilometer
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries BPBD,
topics Gempa,
places KALIMANTAN UTARA, SULAWESI UTARA, SUMATERA SELATAN,
cities Gunung,