Kenakan Baju Adat Ende, Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

  • 01 Juni 2022 09:48:02
  • Views: 11

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/5/2022).

Jokowi tampak mengenakan baju adat Ende. Ia terlihat menggunakan lesu (ikat kepala) berwarna kuning di kepala dan mengenakan ragi atau luka atau kain sarung berwarna hitam garis putih dan selendang tenun asli Ende berwarna merah marun yang diletakkan di pundak kanan.

Hadir juga Ibu Negara Iriana Jokowi yang mengenakan baju adat Ende yakni dengan memakai selendang motif warna coklat serta sarung berwarna ungu tua namun tanpa ikat kepala.

Sementara Wakil Ma'ruf Amin bersama istrinya, Wury Ma'ruf Amin mengikuti upacara secara virtual.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende, Malamnya Sempat Mengagetkan Warga

Adapun upacara diawali dengan laporan daro Komandan Upacara Kolonel Infanteri Tunjung Setyabudi kepada Presiden Jokowi.

Kolonel Tunjung merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1998 yang saat ini menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana.

Upacara pun dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Jokowi yang merupakan inspektur upacara.

Mengheningkan cipta dimulai, kata Jokowi.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Baca Juga: Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Kota Bersejarah Ende

Setelah itu pembacaan UUD 1945 oleh Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus membacakan Pembukaan UUD 1945 dan dilanjutkan pembacaan doa oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Setelah itu upacara dilanjutkan dengan lantunan musik Andika Bhayangkari dan kemudian laporan komandan upacara bahwa upacara telah selesai dilaksanakan.

Terima kasih, bubarkan, kata Jokowi.


https://www.suara.com/news/2022/06/01/085323/kenakan-baju-adat-ende-presiden-jokowi-pimpin-upacara-hari-lahir-pancasila

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/01/085323/kenakan-baju-adat-ende-presiden-jokowi-pimpin-upacara-hari-lahir-pancasila
Tokoh













Graph