Menkes Pastikan 95 Persen Calon Jamaah Haji Sudah Vaksin Covid-19

  • 01 Juni 2022 08:07:23
  • Views: 9

IDXChannel - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan, 95% calon jamaah haji sudah divaksin primer (dosis 1 dan 2) Covid-19. 

Penyelenggaraan ibadah haji, sempat tertunda selama 2 tahun. Ibadah haji kali ini, memiliki 2 syarat baru yaitu jemaah haji harus berusia di bawah 65 tahun dan telah vaksinasi primer Covid-19 yang diakui Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Di Arab Saudi yang menjadi syarat itu dua dosis, sekarang sudah hampir 95% jamaah yang sudah divaksinasi dosis satu dan dua, kata Menkes Budi dalam laman resmi Kemenkes, Rabu (31/5/2022).

Sehubungan vaksinasi Covid-19, pemerintah juga menambahkan vaksin dosis ketiga atau booster. Guna meningkatkan imunitas calon jamaah haji tahun ini.

Dalam pelaksanaannya, Kementerian Kesehatan bersama stakeholder terkait menggalakkan vaksinasi booster di 13 embarkasi di seluruh Indonesia yakni embarkasi Aceh, Medan, Padang, Batam, Palembang, Jakarta, Bekasi, Solo, Surabaya, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin dan Lombok.

Booster sekarang sudah mencapai 74%, harapannya mungkin bisa 90-an persen. Di embarkasi-embarkasi, kita kerja sama dengan Pemda, Dinkes dan TNI untuk melakukan vaksinasi booster, ini kita dorong terus untuk ditingkatkan dan dipercepat, tambah Menkes Budi

Sekadar informasi, capaian vaksin booster Indonesia baru menyentuh 25 persen. Namun angka antibodi masyarakat Indonesia, meningkat hampir mencapai angka 100 persen.

Sehingga angka kasus Covid-19 di Indonesia tidak terlalu naik secara signifikan. Sebab bakso Covid-19 terbukti berhasil, meningkatkan kadar antibodi tubuh dalam melawan Covid-19. 

Data sero survei yang bulan Maret, jadi kita lihat survei kadar antibodi rata-rata sebelum booster itu sekitar 400 titer. Begitu di-booster, itu naik berkali kali lipat kadar antibodinya, sehingga akan sangat melindungi masyarakat, ucap Menkes Budi 

(SAN)


https://www.idxchannel.com/economics/menkes-pastikan-95-persen-calon-jamaah-haji-sudah-vaksin-covid-19

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/menkes-pastikan-95-persen-calon-jamaah-haji-sudah-vaksin-covid-19
Tokoh



Graph