Bacaan Doa Setelah Wudhu, Bagaimana Hukumnya dan Adabnya?

  • 01 Juni 2022 07:47:15
  • Views: 19

Suara.com - Syarat sah sebelum melakukan ibadah dalam Islam adalah berwudhu. Dengan melakukan wudhu, tubuh kita kembali suci dan adalah sunah hukumnya membaca doa setelah wudhu.

Menyadur NU Online, tak hanya dilakukan sebelum melakukan salat, wudhu juga wajib dilakukan sebelum khutbah, memegang mushaf dan kegiatan ibadah lainnya. Seperti apa bacaan doa setelah wudhu?

Dalam setiap kegiatan wudhu, ada doa-doa yang menyertainya, namun kali ini kita khusus akan membahas bacaan doa setelah wudhu.

Masih dari sumber yang sama, ketika selesai wudhu, kita disunahkan untuk menutupnya dengan membaca doa, berikut bacaan latinnya yang diambil dari situs NU Online.

Baca Juga: Ambil Air Wudhu di Pinggir Sungai, Wanita di Kalimantan Tengah Nyaris Jadi Santapan Buaya

Asyhadu allaa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rasuuluhuu, allaahummaj'alnii minat tawwaabiina waj'alnii minal mutathahhiriin(a).

Artinya: Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (shalih). (Dari hadits riwayat Imam Muslim dan Imam at-Tirmidzi)

Selanjutnya, bila waktu salat akan habis atau salat jama’ah akan segera didirikan, sebaiknya doa setelah wudhu dilanjutkan dengan membaca surat al-Qadr dan dilanjutkan dengan doa sebagai berikut:

Allahumma ighfir li dzanbii wa wassi’ fii daari, wa baarik fii rizqiii, wa laa taftinii bi maa zawaita ‘annii. 

“Ya Allah, ampuni dosaku, lapangkan tempat tinggalku, berkahi aku dalam rizqi, dan jangan Engkau fitnah aku dengan halangan dari-Mu.

Baca Juga: Jatuh Saat Akan Mengambil Air Wudhu, Pria Usia 66 Tahun Asal Bojonggede Bogor Ditemukan Meninggal Dunia

Jangan Menyeka Air Wudhu dari Tubuh


https://www.suara.com/news/2022/06/01/072642/bacaan-doa-setelah-wudhu-bagaimana-hukumnya-dan-adabnya

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/06/01/072642/bacaan-doa-setelah-wudhu-bagaimana-hukumnya-dan-adabnya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Muhammad,
companies ADA,
ministries BI,
organizations NU,
religions Islam,
places JAWA BARAT, KALIMANTAN TENGAH,
cities Bogor,
animals buaya,