6 Fakta Menarik Kota Ende, Tempat Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

  • 01 Juni 2022 06:48:42
  • Views: 11

Liputan6.com, Jakarta - Ende merupakan sebuah kabupaten yang ada di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan ibu kota Kota Ende. Kabupaten Ende memiliki luas wilayah 2.067,75 kilometer persegi yang terdiri dari 21 kecamatan.

Dan pada 2022 ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memilih memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kota Ende hari ini, Rabu (1/6/2022). Adapun upacara Hari Lahir Pancasila kali ini akan dipusatkan di Ende.

Bapak Presiden Joko Widodo yang akan memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Upacara peringatan hari lahir Pancasila dipusatkan di Ende, ujar Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo dikutip dari siaran persnya, Selasa 31 Mei 2022.

Mengapa Presiden Jokowi memilih datang dan memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kota Ende? Rupanya, Jokowi akan menjadi Presiden RI kedua yang berkunjung ke Kabupaten Ende. Sebelum Jokowi, ada Presiden pertama RI Soekarno yang lebih dulu mengunjungi Kabupaten Ende.

Selain itu, Kabupaten Ende juga merupakan tempat perenungan Presiden Soekarno tentang dasar negara, yang kini dikenal sebagai Pancasila saat diasingkan 1934 silam. Oleh karena itu, Ende dikenal sebagai Kota Pancasila.

Tak hanya itu, pemandangan indah nan memesona turut membuat Ende terkenal dengan potensi pariwisatanya. Namun, pariwisata bukanlah potensi Ende satu-satunya.

Ende juga memiliki potensi lain seperti hutan yang dipertahankan untuk memberikan manfaat besar bagi rakyatnya, pertanian dan perkebunan sebagai peningkatan produksi menuju kemampuan swasembada secara merata, pertambangan berupa mata air panas, fumarol, dan batuan teralterasi.

Berikut sederet fakta menarik tentang Ende, tempat yang dipilih Presiden Jokowi untuk pimpin upacara Hari Lahir Pancasila dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kota Ende memiliki nilai sejarah penting dari tonggak sejarah nasional. Di kota ini dasar kebangsaan lahir dan tercetus selama pengasingan Bung Karno. Pada masa pengasingan, Bung Karno telah menyusun butir-butir kebhinekatunggalikaan dan kebangsaan y...


https://www.liputan6.com/news/read/4975302/6-fakta-menarik-kota-ende-tempat-jokowi-pimpin-upacara-hari-lahir-pancasila

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4975302/6-fakta-menarik-kota-ende-tempat-jokowi-pimpin-upacara-hari-lahir-pancasila
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Soekarno,
companies ADA, WhatsApp,
ministries BPIP,
events Hari Pancasila,
products Ideologi Pancasila, Pancasila,
places DKI Jakarta, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Ende,